Profesor Diana Kartika Arma: Self Awareness Jadi Strategi Utama Bangun Promosi Diri di Era Digital

Cawan WP: Sabrina Hunafa
581
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Wawasan Proklamator (UKPM-WP) mengadakan kegiatan seminar Personal Branding bersifat umum untuk seluruh mahasiswa se-Sumatera Barat (Sumbar). Tema yang diangkat dari seminar ini adalah Kiat Membangun Personal Branding di Era Digital. Seminar ini dilaksanakan pada Aula Gedung B6, Lantai 4, Kampus Proklamator II, Universitas Bung Hatta, Kamis (21/12/2023).

Acara ini disampaikan langsung oleh Prof., Dr., Dra., Diana Kartika Arma, Guru Besar Sastra Jepang sebagai salah satu narasumber acara tersebut. Selama acara berlangsung, ia memaparkan dan memotivasi kiat-kiat membangun personal branding kepada mahasiswa yang mengikuti seminar.

Sosok Guru Besar pertama di Sastra Jepang Universitas Bung Hatta ini mengatakan, personal branding sudah ada sejak dulu, tetapi belum berkembang seperti sekarang. Istilah personal branding mulai meluas sejak era digital.

“Sebenarnya sudah ada sejak dulu, cuma belum berkembang seperti sekarang saja. Setelah perkembangan teknologi digital rasa ingin maju orang terhadap personal branding meningkat,” tuturnya.

Menjadi pertanyaan kebanyakan, bagaimana personal branding sangat penting untuk era digital ini. Ia menjelaskan, branding diri adalah citra dan reputasi. Personal branding adalah bentuk mempublikasikan diri kepada khalayak banyak.

Branding pada zaman sekarang banyak menjadi bahan pembicaraan, maka dari itu sangat penting meningkatkan diri melalui teknologi. Personal branding sebagian dari citra dan reputasi terhadap diri kita. Sebaiknya sangat bagus untuk melakukan langsung praktek pemasaran dan perkembangan mempromosikan pribadi ke orang lain,” jelasnya.

Ia memberi pembelajaran pada seminar ini kepada mahasiswa yang hadir. Saat ingin mendesain personal branding yang baik ada tiga kiat yang harus dilakukan.

“Ketika ingin merancang personal branding baiknya kenali diri terlebih dahulu. Pertama, kenali siapa kita sebenarnya, kedua, apa kelemahan diri sendiri, ketiga, keberanian dan perjuangan terhadap apa yang ditekuni,” paparnya.

Selanjutnya, ia menegaskan, self awareness menjadi peka terhadap diri sendiri. Mewujudkan personal branding yang baik harus memperbanyak literasi dari sumber mana pun.

“Strategi utama membangun diri adalah self awareness, perlu untuk kita punya literasi yang kuat. Literasi tidak hanya melalui membaca saja, tetapi bisa via digital dan menulis,’’ tutupnya.

 

Cawan WP: Sabrina Hunafa
Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Pentingnya Takah dan Tokoh: Bentuk Identitas Personal dalam Era Digital
Seminar Personal Branding oleh UKPM-WP: Buka Peluang Karir di Era Digital

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Pentingnya Takah dan Tokoh: Bentuk Identitas Personal dalam Era Digital
Seminar Personal Branding oleh UKPM-WP: Buka Peluang Karir di Era Digital
Menu