Usung Tema Teknologi dan Kita, Lomba Presentasi Bahasa Jepang Wilayah Sumbar dan Riau Kembali Digelar

Fidi WP
600
Sumber foto: Ayu Wulandari

WAWASANPROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) bekerja sama dengan The Japan Foundation Jakarta menghelat Lomba Presentasi Bahasa Jepang Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau ke-2/2023. Agenda ini dilaksanakan di Balairung Caraka, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Kamis (19/10/2023).

Perlombaan kali ini mengusung tema Teknologi dan Kita yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan umum. Turut hadir Wakil Rektor (WR) II, Dr. Elfiondri, S.S., M.Hum., Guru Besar Prodi Sastra Jepang, Prof. Dr. Dra. Diana Kartika, M.Hum, dewan juri, dosen, dan mahasiswa.

Ketua Pelaksana (KP), Eduardus Agusli, M.Si., mengatakan, dibandingkan tahun lalu, peserta lomba kali ini mengalami peningkatan sebanyak dua kali lipat. Rincian peserta kompetisi ini adalah dua peserta dari Universitas Riau (UNRI), lima orang berasal dari Universitas Negeri Padang (UNP), dua kontestan dari Universitas Andalas (UNAND), dan tiga orang peserta dari Universitas Bung Hatta dengan enam kriteria penilaian.

“Jumlah peserta kali ini mengalami kenaikan signifikan dari tahun lalu, yakni 12 kontestan dari instansi yang berbeda. Adapun yang menjadi penilian pada presentasi kali ini adalah pengaplikasian Bahasa Jepang, ekspresi, penggunaan media, isi presentasi, dan tanya jawab dengan batas durasi keseluruhan 7 menit,” ujarnya.

Elfiondri dalam sambutannya menyampaikan, ajang ini sangat berpengaruh untuk pengembangan wawasan yang mutlak tidak bisa digantikan oleh apapun. Ia menyampaikan, secanggih apapun dunia nantinya, kemampuan berkomunikasi tak dapat digantikan oleh kemajuan teknologi.

“Menurut pemahaman kita kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan yang tak tergantikan oleh perkembangan teknologi serba canggih seperti sekarang. Skill komunikasi merupakan salah satu hal yang tidak dapat ditukar oleh teknologi meskipun banyak perubahan yang akan terjadi di masa depan,” utaranya.

Ia turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kompetisi ini. Tak lupa ia berharap agar mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk khalayak banyak.

“Terima kasih kepada panitia dan dosen pendamping peserta yang telah membersamai hingga titik ini. Semoga adanya lomba presentasi ini kita akan terpacu untuk menguasai serta memahami ilmu yang tak akan pernah tergantikan oleh perkembangan teknologi. Besar harapan saya ajang ini menjadikan mahasiswa mampu berkomunikasi dengan masyarakat,” tutupnya.

 

Fidi WP
Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Memulai Tonggak Kepemimpinan Baru, Pengurus UKM Kesenian Proklamator Periode 2023/2024 Resmi Dilantik
Pupuk Minat Kepenulisan Siswa, UKPM Wawasan Proklamator Gelar Sekolah Binaan

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Memulai Tonggak Kepemimpinan Baru, Pengurus UKM Kesenian Proklamator Periode 2023/2024 Resmi Dilantik
Pupuk Minat Kepenulisan Siswa, UKPM Wawasan Proklamator Gelar Sekolah Binaan
Menu