Sharing Session AJI Padang dan LPM se-Sumbar: Silaturahmi Hingga Diskusi Kurikulum Jurnalistik

Amrizal WP
404
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Sharing Session sebagai ajang silaturahmi. Kegiatan tersebut berlangsung di Redaksi LPM Suara Kampus, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB) pada 14 Oktober 2023.

Acara ini selain menjalin tali silaturahmi juga menjadi suatu pembelajaran penyampaian kurikulum pelatihan jurnalistik. Kegiatan ini dihadiri ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang, Aidil Ichlas, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi AJI Indonesia, Hendra Makmur serta LPM se-Sumbar.

Pimpinan Umum (PU) LPM Suara Kampus (SK), M. Abdul Latif, mengungkapkan, acara ini merupakan silaturahmi yang didukung penuh oleh AJI. Ia juga menambahkan, ini merupakan bentuk perhatian dari AJI kepada Pers Mahasiswa (Persma).

“Forum ini kita akan membahas semua yang berkaitan dengan persma dan mendiskusikan kurikulum terkait. Semoga adanya pertemuan ini dapat bertukar pikiran yang berkaitan pers dengan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Pelatihan Jurnalistik Tingkat Madya (PJTM) dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN),” ungkapnya.

Hendra, menyampaikan, kurikulum pelatihan jurnalistik harus menjadi acuan seluruh LPM. Ia juga menambahkan, dengan memakai acuan ini dapat lebih teratur dalam kepenulisan dan dengan adanya pelatihan bisa membentuk Standar Kompetensi Wartawan (SKW).

“Semoga dengan menekan kurikulum pelatihan jurnalistik dapat menjadi patokan bagi semua persma dalam meningkatkan keteraturan kepenulisan. Harapannya, bisa tersampaikan lagi bahan yang telah dibuat untuk kedepannya yang lebih baik,” ucapnya.

Qadri Hayatul Muhammad, PU LPM Al-Itqan UIN Syeckh M. Djamil Djambek (SMDD) Bukittinggi, menuturkan, sebuah pengalaman yang begitu menakjubkan bagi pers dari kampus lain hingga sangat aktif dan memiliki berbagai karya terkait jurnalistik dengan caranya masing-masing. Tidak hanya itu, pertemuan tersebut dapat terbentuknya kembali aliansi persma se-Sumbar.

“Kegiatan sharing sangat mengapresiasi terhadap seluruh persma yang berkenan untuk hadir dalam pertemuan tadi serta menjalin silaturahmi dan menambah pengetahuan juga pengalaman yang begitu menakjubkan. Harapannya, dengan adanya sharing session ini LPM se-Sumbar dapat menjadi lebih baik lagi baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” tuturnya

Pemimpin Redaksi (Pemred) LPM Genta Andalas, Haura Hamidah, mengutarakan, pertemuan AJI Padang dengan LPM se-Sumbar ini sebagai ajang silaturahmi dan sangat positif. Ia juga menambahkan, ada banyak ilmu yang bisa diambil terutama dalam kurikulum pers ini.

“Kedepannya dengan diadakan ajang silaturahmi ini dapat lebih menambah ilmu pengetehuan yang berkaitan di bidang jurnalistik. Banyak hal yang belum didapat, tetapi setelah pertemuan inilah bisa menggali ilmu agar dapat lebih baik lagi kedepannya,” tutupnya.

 

Amrizal WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Pupuk Minat Kepenulisan Siswa, UKPM Wawasan Proklamator Gelar Sekolah Binaan
Dedi Mahardi: Jangan Harapkan Ketenaran, Tanamkan Diri Bisa Bermanfaat bagi Orang Lain

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Pupuk Minat Kepenulisan Siswa, UKPM Wawasan Proklamator Gelar Sekolah Binaan
Dedi Mahardi: Jangan Harapkan Ketenaran, Tanamkan Diri Bisa Bermanfaat bagi Orang Lain
Menu