Teknik Kimia Laksanakan Workshop Assessment Persiapan Peniliaian CPMK dan CPL

Devi WP
632
Sumber foto: Panitia pelaksana

WAWASANPROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta telah melaksanakan Assessment Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Sidang FTI, Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta pada 07 Oktober 2023.

Workshop ini dinarasumberi oleh Prof. Nita Aryanti, S.T., M.T., Ph.D, dari Universitas Diponegoro (Undip). Lokakarya tersebut diikuti sebanyak 15 orang peserta yang terdiri dari Dosen Teknik Kimia dan Ketua Program Studi (Kaprodi) FTI. Kegiatan ini didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Hibah Insentif Akreditasi Internasional.

Erda Rahmilaila Desfitri, S.T., M.Eng., Ph.D, Ketua Pelaksana (KP), menjelaskan, ada tiga pokok pembahasan dalam workshop ini. Ia juga mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya lokakarya yaitu prepare dalam menghadapi penilaian oleh tim assesor nantinya.

Workshop assessment dilaksanakan dengan tiga topik pembahasan yaitu Overview Assessment dan Rubrik Penilaian, Evaluasi Rubrik dan Assessment Mata Kuliah (Matkul) dan Evaluasi Assessment CPL. Tujuan dilaksanakannya untuk mempelajari dan mengevaluasi lebih lanjut persiapan menghadapi penilaian CPMK dan CPL oleh tim asesor akreditasi IABEE,” jelasnya.

Prof. Dr. Eng. Reni Desmiarti, S.T., M.T, Dekan FTI, mengatakan, tiga jurusan dari FTI meliputi Teknik Kimia, Teknik Elektro (TE) dan Teknik Industri (TI) telah memperoleh Akreditasi Nasional dengan predikat Provisional Accreditation (PA) pada dua tahun lalu. Tambahnya, kini FTI bertekad dan berupaya untuk mendapatkan General Accreditation (GA). Ia juga menambahkan, selalu memberikan kualitas yang unggul untuk Prodi di FTI.

“Teknik Kimia, TE dan TI telah mendapatkan akreditasi internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dengan predikat PA pada 2021 silam. Saat ini kita akan berkomitmen dan berusaha untuk lanjut ke tahap selanjutnya agar memperoleh GA. Pastinya kita selalu memberikan mutu yang terbaik untuk Prodi dan Fakultas ini,” ucapnya.

Ia juga menuturkan, mendatangkan profesor Teknik Kimia dari Undip pada workshop yang terlebih dahulu mendapatkan GA. Ia berharap, semoga pada 2023 ini FTI dapat menyusul Undip untuk mendapatkan GA.

“Saat ini kita mengundang Prof. Nita dari Undip yang telah dulu memperoleh GA pada Februari 2023 lalu. Semoga FTI juga bisa menyusul Undip di tahun ini,” ujarnya.

Nita, menuturkan, penulisan CPMK dan CPL berhubungan dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Pengerjaan RPS merupakan tahap lanjutan dari proses penyusunan dan catatan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE). Ia juga menambahkan, OBE wajib terdapat evaluasi dari CPMK dan CPL dengan metode pembelajaran yang ditetapkan.

“Penyusunan CPMK dan CPL erat kaitannya dengan RPS. Penyusunan RPS ini adalah sebagai lanjutan dari rangkaian pengerjaan dan evaluasi kurikulum OBE. Kurikulum ini mewajibkan adanya evaluasi terhadap capaian pembelajaran baik mata kuliah maupun lulusan,” tuturnya.

Ia juga memaparkan, ada empat hal yang menjadi penilaian dalam OBE assesment. Cara pembelajaran yang diarahkan yaitu case dan project method.

Program Educational Objective (PEO), Program Outcome (PO), Learning Outcome (LO) dan Sub CPMK merupakan hal yang menjadi penilaian OBE assesment. Metode pembelajarannya yang disarankan yaitu studi kasus dan berbasis proyek,” paparnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Closing Ceremony Special of Season Suskes Pukau Penonton
Perluas Kemampuan Bahasa Inggris, Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Kembali Adakan English Festival

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Closing Ceremony Special of Season Suskes Pukau Penonton
Perluas Kemampuan Bahasa Inggris, Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Kembali Adakan English Festival
Menu