Pendidikan Karakter Universitas Bung Hatta untuk Tingkatkan Masa Depan Beretika

Amrizal WP
576
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,– Universitas Bung Hatta resmi membuka kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) pada Semester Ganjil 2023/2024. Acara tersebut dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting pada 06 Oktober 2023.

Kegiatan ini mengusung tema Implementasi Karakter Bung Hatta dalam Pendidikan Karakter Universitas Bung Hatta. Pembukaan Pendikar dihadiri oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A, beserta jajarannya, Ketua Pendikar Dr. Sanidjar Pebrihariati. R., S.H., M.H, Kepala Bagian (Kabag) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dr. Syukma Netti, S.Pd., M.Si., Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Bung Hatta, dan lainnya.

Sanidjar, menjelaskan, Pendikar diadakan setiap Jumat pada tahun akademik 2023/2024  semester ini, baik itu secara Dalam Jaringan (Daring) atau Luar Jaringan (Luring) di tingkat universitas, fakultas, dan juga dari dosen Mata Kuliah (Matkul) Kebunghattaan. Ia menambahkan, Pendikar dengan menampilkan hal yang unik atau sosok yang terkenal dapat diketahui oleh banyak kalangan dapat menarik antusias mahasiswa untuk mengikutinya.

“Kegiatan dilaksanakan setiap Jumat pagi dan diberikannya paparan materi melalui matkul yang berkaitan di kelas. Adanya ikon Pendikar yang bisa lebih dikenal lagi di tengah masyarakat daerah maupun nasional untuk memikat perhatian mahasiswa melihatnya,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Tafdil, mengucapkan, Pendikar adalah suatu hal yang memiliki nilai plus untuk dapat mengembangkan sifat-sifat yang ada pada Bapak Proklamator yaitu jujur, disiplin, kerja keras, pandai bergaul, dan santun dalam berperilaku. Ia juga menyampaikan, kepintaran bukanlah hal yang paling utama dan menyenangi apa yang dikerjakan itulah faktor untuk menjadi kesuksesan seseorang.

“Pendikar dijadikan wadah oleh mahasiswa untuk meningkatkan karakter seperti Sang Proklamator dalam berbuat sesuatu. Guna menyatakan kecerdasan bukanlah hal utama, dan kesenangan dalam pekerjaan adalah kunci keberhasilan seseorang,” ucapnya.

Dalam pemaparan materinya, Netti, menuturkan, program Pendikar dapat menanamkan nilai-nilai baik Bung Hatta dan sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengasah soft skill. Ia juga menyampaikan, dihadirkannya tokoh-tokoh terkenal sebagai model dalam mengembangkan potensi diri.

“Kegiatan Pendikar yang dilakukan setiap Jumat pagi harapannya bisa mengimplementasikan secara baik tokoh Proklamator Bung Hatta untuk menambah wawasan. Menghadirkan tokoh-tokoh Nasional untuk dapat menjadikan motivasi dan mengamalkan sifat-sifat yang dimiliki oleh Bung Hatta sendiri,” tuturnya.

Indah Syah Fitri, mahasiswa Program Studi Teknik Rekayasa Komputer Jaringan (Prodi-TRKJ), menjelaskan, semoga pendidikan karakter bisa membantu semua mahasiswa untuk kedepannya. Ia juga berharap, acara Pendikar dapat diikutinya hingga selesai.

“Setiap mahasiswa dengan dibekali materi Pendikar bisa memberikan bantuan dalam mencari pekerjaan di saat lulus nanti dan berpeluang untuk mendapatkan beasiswa. Semoga Pendikar selama satu tahun dapat saya ikuti hingga rampung,” jelasnya.

Mahasiswa Prodi Manajemen, Rayvanya, merasa senang dan menikmati pembukaan  selama Pendikar berlangsung. Ia berharap, kedepannya dapat mengikuti acara dengan lancar dan sukses.

“Gembira dan menikmati setiap momen selama acara. Harapannya, dapat terus berpartisipasi dalam agenda Pendikar mendatang,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

The Screaming Room, Wahana Uji Nyali SOS yang Banyak Diminati Anak-anak
Resmi Dibuka, Perhelatan SOS Hadir dengan Semangat Tingkatkan Kemampuan Diri

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

The Screaming Room, Wahana Uji Nyali SOS yang Banyak Diminati Anak-anak
Resmi Dibuka, Perhelatan SOS Hadir dengan Semangat Tingkatkan Kemampuan Diri
Menu