Rocky Gerung: Berpikirlah seperti Orang Minang, Penyumbang Emas Pembangunan Bangsa

Shenia WP
819
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Rocky Gerung hadir sebagai narasumber pada acara Talk Show Nasional Engineering Exhibition dari Badan Eksekutif Masyarakat Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (BEMM-FTI). Acara berlangsung di Balairung Caraka Kampus Proklamator l Universitas Bung Hatta pada 29 September 2023.

Talk Show Nasional ini bertemakan Bung Hatta dan Bung Hatta Muda untuk Kejayaan Bangsa. Selain Rocky Gerung, kegiatan ini turut dinarasumberi oleh Ulul Azmi yang merupakan Ketua Insyinyur Muda Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Riau.

Rocky Gerung, menjelaskan, dalam menggapai bonus demografi pada tahun Indonesia emas. Perlunya membangun generasi yang berkarakter, hal tersebut menjadi pelajaran bagi pemerintah agar berpikir dengan sistematis kedepannya.

“Bonus demografi akan berhasil jika kekuatan berpikir kita, dengan membandingkan Intelligence Quotient (IQ) anak-anak Indonesia dengan sekitaran negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Ide kita memang bagus diajarkan berpikir dengan sistematis, tapi pemimpin kita tidak berpikir demikian,” tuturnya.

Ia menambahkan, banyaknya kritikan kepada pemerintah menjadi pelajaran untuk bertafakur jalannya pikiran para pimpinan bangsa. Seperti pahlawan revolusi keturunan Minangkabau, yang membangun negeri ini karena menyumbangkan pemikirannya.

“Kritik itu tidak ada hubungannya dengan solusi. Kalo pemerintah hanya memikir memperpanjang jalan tol, bukannya memperpanjang jalan pikiran. Belajarlah seperti orang Minang, pelajari cara berpikirnya, karena orang Minang itu penyumbang emas pemikiran bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurutnya, agar membangun gagasan critical thinking di kampus, perlu adanya kebebasan akademis. Baik setiap civitas akademik menegakkan argumentasinya, dalam mimbar akademis.

“Saya mempertahankan argumentasi pribadi karena argumen adalah Deoxyribo Nucleic Acid (DNA)-nya pikiran. Jadi silahkan menggunakan kebebasan akademis, siapapun yang punya dalil pakai mimbar akademis dan siap untuk disangkal,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Mengenal Sistem Perkuliahan untuk Mahasiswa Baru
Perkuat Silaturahmi, UKPM Galang Langsungkan Kunjungan Kerja ke UKPM Wawasan Proklamator

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Mengenal Sistem Perkuliahan untuk Mahasiswa Baru
Perkuat Silaturahmi, UKPM Galang Langsungkan Kunjungan Kerja ke UKPM Wawasan Proklamator
Menu