Implementasi Kompetensi Dunia Kerja, Empat Mahasiswa Teknik Elektro Ikuti Program Magang Industri

Devi WP
427
Sumber foto: M. Agung Syarif

WAWASANPROKLAMATOR,- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro (TE) Fakultas Teknologi Industri (FTI) berhasil lulus Magang Industri Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Magang tersebut diikuti empat orang mahasiswa, dua masing-masing diantaranya di Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) V Pekanbaru dan PT Yodya Karya Persero Jakarta Timur (Jaktim), Minggu (27/08/2023).

Magang merupakan bagian dari pelatihan atau proses untuk menerapkan keilmuan dan kompetensi di dunia kerja secara langsung yang didapat selama menjalani masa perkuliahan. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat bulan, dengan jadwal keberangkatan yang berbeda-beda.

M. Agung Syarif, salah satu mahasiswa magang di PTPN Pekanbaru, menjelaskan, alasannya memilih PTPN V Pekanbaru sebagai tempat intership. Persiapan yang harus disediakan untuk magang yaitu perlengkapan keamanan. Ia berharap, semoga program internship selanjutnya dapat berkolaborasi dengan PT terkemuka di Indonesia.

“PTPN V Pekanbaru menjadi tempat saya magang karena salah satu perkebunan milik negara yang cukup lama bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Persiapan untuk magang yang harus disiapkan seperti perlengkapan safety selama bekerja di pabrik tersebut. Harapannya, semoga program magang ini kedepan dapat bekerja sama dengan PT ternama yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa magang di PT Yodya Karya Persero Jaktim, Virada Trima Putra, menyampaikan lamanya proses intership. Adanya rasa ingin tahu yang besar di tempat magang tujuannya. Ia berharap  jurusannya untuk magang selanjutnya mendapatkan keluangan di PT Yodya Karya Persero Jaktim.

“Magang dilaksanakan selama empat bulan, sejak 01 September sampai 31 Desember 2023. Memilih magang di PT Yodya Karya Persero ini memacu rasa ingin tahu saya bagaimana bekerja dengan orang-orang yang ahli di bidang proyek besar nantinya. Semoga setiap tahunnya terkhususnya Prodi-TE mendapatkan kesempatan intership di tempat saya magang,” tuturnya.

Rivaldo Lifran, salah satu mahasiswa magang di PTPN V Pekanbaru, mengutarakan, aktivitas yang dilakukannya pada masa awal intership. Ia berpesan, untuk bekerja dengan tekun dalam proses magang yang nantinya turun ke lapangan langsung.

“Kegiatan yang dilakukan untuk awal magang yaitu pengenalan seluruh stasiun yang ada di pabrik, mulai dari penerima Tandan Buah Segar (TBS) hingga mengetahui proses pembuatan Crude Palm Oil (CPO). Sebaiknya dalam mengikuti magang ini, kita dapat bersungguh-sungguh menjalankannya, yang mana dalam tahap tersebut kita akan merasakan terjun langsung di dunia industri dan harus disiplin,” utaranya.

Salah satu mahasiswa magang di PT Yodya Karya Persero Jaktim, Nurul Mukita, mengatakan, proses mendaftar tempat ia magang dengan melampirkan Curriculum Vitae (CV) dan transkrip nilai. Ia berharap, semoga magang yang dilakukannya berjalan tanpa hambatan.

“Mendaftar di PT tempat saya akan intership itu melalui program magang MBKM yang diadakan oleh kampus dengan menyerahkan persyaratan berupa CV dan transkrip nilai, kemudian diseleksi oleh pihak perusahaan. Semoga magang yang akan saya jalani berjalan dengan lancar nantinya,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Eko Kurnia Putra Berhasil Rancang Alat Monitoring Pengendali Palang Pintu Kereta Api dalam Tugas Akhir
Pasca Terpilih, Ketua BEMM-FKIP Adakan Open Recuitment Pengurus Periode 2023/2024

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Eko Kurnia Putra Berhasil Rancang Alat Monitoring Pengendali Palang Pintu Kereta Api dalam Tugas Akhir
Pasca Terpilih, Ketua BEMM-FKIP Adakan Open Recuitment Pengurus Periode 2023/2024
Menu