Pawai Alegoris Meriahkan HUT-RI ke-78 Tahun di Kantor Bupati Solok

Shenia WP
577
Sumber foto: Facebook Nagari Jawi Jawi

WAWASANPROKLAMATOR,- Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan puncak Pawai Alegoris, mulai berjalan dari Taman Hutan Kota Wisata menuju ke Tugu Ayam. Kegiatan berlangsung di depan Perkantoran Komplek Bupati Solok Jalan Solok-Padang, pada 19 Agustus 2023.

Pelaksanaan pawai Alegoris merupakan pawai tahunan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun. Peserta pawai diikuti oleh tingkatan sekolah dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dinas instansi selingkup Solok, serta nagari se-kecamatan Gunung Talang dan Kubung.

Nurhaliamah, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bung Hatta, menjelaskan, ia sangat senang bertemu dengan bupati ketika penyambutan pawai. Ini merupakan perdana baginya, melihat keaktifan warga Solok dalam memeriahkan budayanya.

“Pertama kali mengikuti acara pawai di Solok, bertemu dengan bapak Bupati. Melihat besarnya antusias warga, semoga menjadi tradisi turun menurun,” jelasnya.

Salah satu warga nagari Jawi-Jawi, kecamatan Gunung Talang, Hareyhan Gusta Safardi, menuturkan, banyaknya elemen masyarakat dalam semarak pawai Alegoris. Dimulai dari performa seluruh tingkat sekolah sampai pertunjukan adat nagari.

“Acaranya meriah, dimulai dari penampilan marching band oleh anak sekolah lalu dipadukan dengan baju adat di indonesia. Semoga, Nagari Jawi-Jawi menang sebagai nagari wisata,” tuturnya.

Mahasiswa Mahaputra Muhammadiyah Yamin Solok (UMMY), Livia Tilofa, mengutarakan, semaraknya pawai yang dipadatkan masyarakat Solok menuju tugu ayam. Kondisi hujan membuat barisan pawai terbengkalai.

“Asik sekali kegiatannya, seluruh warga memeriahkan adat budaya Solok sepanjang barisan ke arah kantor bupati. Hanya saja, keadaan hujan dan banyak peserta pawai yang keluar barisan,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Peroleh 185 Suara, Ilham Majid dan Batahan Harahap Jadi Ketua dan Wakil Ketua BEMM-FKIP Terpilih
Sebanyak Lima Orang Mahasiswa Teknik Elektro Lulus Program PMM di Itenas Bandung

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Peroleh 185 Suara, Ilham Majid dan Batahan Harahap Jadi Ketua dan Wakil Ketua BEMM-FKIP Terpilih
Sebanyak Lima Orang Mahasiswa Teknik Elektro Lulus Program PMM di Itenas Bandung
Menu