Masyarakat Air Bangis Akan Terus Lanjutkan Aksi Hingga Temukan Titik Terang Pemerintah

Devi WP
903
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Masyarakat Jorong Pigogah Patibubur, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan unjuk rasa menuntut kebebasan lahan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Padang sejak 31 Juli 2023.

Aksi ini bertujuan menuntut Hak Asasi Manusia (HAM) karena lahan di Pasbar sudah diambil alih oleh pemerintah. Kegiatan tersebut melibatkan anak-anak, orang dewasa dan juga orang tua yang turut menyuarakan aspirasinya.

Indra, masyarakat Air Bangis, menjelaskan, pemerintah Sumbar membuat kebijakan tanpa memperdulikan rakyatnya. Perpindahan hak tanah secara mendadak disebab oleh hal-hal tertentu. Banyak dampak yang ditimbulkan dari kebijakan pemerintah dengan pengalihan tanah.

“Pemerintah mengambil alih lahan tanpa memperhatikan kondisi masyarakatnya. Kebijakan pengalihan lahan tiba-tiba itu karena untuk dijadikan pusat industri. Banyak anak kecil dan orang dewasa terlantar akibat pengalihan lahan ini,” jelasnya.

Ia juga mengucapkan, berbondong-bondong masyarakat Air Bangis menyampaikan suara rakyat untuk pemerintah lebih mempertimbangkan lagi kebijakannya. Banyak waktu yang sudah terpakai untuk memperjuangkan keadilan.

“Hadirnya kami bersama-sama meminta langsung kepada Gubernur untuk dapat dicabut keputusan dan segera dibebaskan lahan tersebut. Sudah dua hari dua malam kami menuntut keadilan dengan menempuh perjalanan tujuh jam menggunakan bus ke Padang,” ucapnya.

Ia mengatakan, gerakan rakyat ini masih berjalan sampai suara mereka didengar oleh pemerintah. Seorang pemimpin dengan bekal ilmu dan ketaqwaan tidak menerapkan nilai Pancasila sebagai dasar negara. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang berpartisipasi menyampaikan aksi rakyat.

“Aksi ini tetap berlanjut apa lagi melihat kawan kita ada yang dipenjara, sampai ada titik terang yang jelas dari pemerintah. Pejabat dengan pendidikannya yang tinggi dan keagamaan nya yang kuat tidak mengamalkan nilai dari Pancasila. Terima kasih kepada mahasiswa sudah ikut membantu menyampaikan aspirasi rakyat dari berbagai kampus,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Universitas Bung Hatta Resmi Berangkatkan 1.420 Mahasiswa KKN-PPM(T) 2023 ke Daerah Pengabdian
Cerita Tiara Riani Putri dan Valeri Swandivia Lolos sebagai Pengajar Muda Jen-Z COTI 2023

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Universitas Bung Hatta Resmi Berangkatkan 1.420 Mahasiswa KKN-PPM(T) 2023 ke Daerah Pengabdian
Cerita Tiara Riani Putri dan Valeri Swandivia Lolos sebagai Pengajar Muda Jen-Z COTI 2023
Menu