Berikan Pembekalan bagi Mahasiswa Calon Pendidik melalui PLP

Tari WP
541
Sumber foto: Instagram official_fkip_ubh

WAWASANPROKLAMATOR,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menggelar Orientasi Pembekalan Peserta Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Kegiatan ini berlangsung di Gedung B 6 Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 24 Juli 2023.

Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa menimba pengalaman, keterampilan, dan sikap secara langsung di persekolahan. Peserta dari PLP adalah semua mahasiswa FKIP berjumlah 389 orang. Adapun pemateri datang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Padang, Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Kampung Alai, serta Kepala Unit PLP FKIP.

Subtansi dari kegiatan ini yaitu orientasi dan pembekalan dalam bentuk pemaparan materi dan tanya jawab. Pertemuan pertama yang berlangsung secara tatap muka selanjutnya boleh dilaksanakan online.

Ketua Pelaksana, Dr. Hasnul Fikri, M.Pd., memaparkan, pembekalan akan dibina dosen pembimbing mulai dari orientasi hingga turun ke sekolah pada 07 Agustus 2023. Durasi kegiatan selama tiga bulan berakhir di 03 November 2023.

“Kegiatan ini dibimbing langsung dosen dari masa orientasi sampai mahasiswa terjun ke sekolah. Bagi mahasiswa yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) mulai mengikuti PLP 04 September 2023,” paparnya.

Ia turut berharap, mahasiswa yang mengikuti PLP siap secara keseluruhan agar dapat melakukan yang terbaik. Adanya pembekalan ini mahasiswa sukses dalam turun ke lapangan serta berdaya saing tinggi.

“Semoga mahasiswa dapat siap secara fisik, mental, maupun teknis sehingga dapat optimal dalam empat kompetensi yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Pembekalan serta kompetensi, ini mahasiswa dapat bersaing dalam makna positif,” ucapnya.

Salah satu peserta PLP, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD), Bilqisti Imaama, menuturkan, pembekalan PLP menjadi awal bagi mahasiswa sebelum memasuki waktu praktik lapangan, menurutnya kegiatan ini sangat berguna. Harapannya ia beserta rekan sejawatnya bisa melalui PLP dengan baik.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal teman-teman mahasiswa sebelum praktik langsung ke lapangan. Semoga kita mampu melewati proses PLP dengan ikhlas serta diberi kesehatan dan sukses,” ujarnya.

Sejalan dengan Bilqis, Eldi Gofron, Prodi PGSD, berkesan, materi dari pembekalan ini sangat apik dari narasumber yang kompeten. Melalui kegiatan ini ia dapat mempelajari pengelolaan pendidikan. Harapannya ia dan rekan sejawatnya mampu memahami materi yang telah disampaikan.

“Selama proses pembekalan saya puas dengan materi yang disampaikan narasumber yang ahli di bidangnya. Adanya pembekalan memperkuat jati diri calon pendidik. Semoga kami dapat menyerap materi yang disampaikan,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Sempat Ditunda, Sidang Kongres ke-XIII Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta Kembali Dilanjutkan
Kata Peserta Sidang Soal Dipendingnya Kongres ke-XIII Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Sempat Ditunda, Sidang Kongres ke-XIII Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta Kembali Dilanjutkan
Kata Peserta Sidang Soal Dipendingnya Kongres ke-XIII Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta
Menu