Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa Seputar Keselamatan Proses melalui Kuliah Umum

Devi WP
553
Sumber foto:Aling Septia Putri Ananta

WAWASANPROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Teknik Kimia (Tekim) dan Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan (TRET) mengikuti Kuliah Umum bersama Alvin Alfiansyah, MBA., M.Sc, Corporate Lead Engineer Loss Prevention Engineer Ketua PII Qatar. Acara tersebut diadakan di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Industri (FTI), Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Jum’at (21/07/2023).

Kegiatan ini mengusung tema Keselamatan Proses di Sektor Minyak dan Gas. Turut hadir beberapa dosen Tekim, TRET dan Teknik Mesin (TM).

Alvin, mengatakan, process safety bersangkutan dengan Teknik Kimia terhadap pencegahan kecelakaan yang mungkin terjadi. Kecelakaan proses berhubungan dengan regulasi peraturan yang tercantum.

“Keselamatan proses berkaitan dengan Teknik Kimia tetapi bagaimana kita mencegah terjadinya kecelakaan proses, bagaimana caranya agar tidak ada ada alat yang bocor, kebakaran, meledak dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut berkaitan dengan regulasi baik itu peraturan lokal maupun internasional dan kompetisinya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, individual profesional keamanan teknik memiliki pengetahuan terhadap risiko yang dihadapi saat turun di lapangan. Terdapat kasus pada saat menjalani proyek seperti kelalaian dalam proses.

“Jika kita bekerja sebagai seorang professional safety engineering harus mengetahui terlebih dahulu bahaya yang akan terjadi di lapangan industri tersebut. Ada banyak kasus jika kita menjalani sebuah proyek pada pabrik yang sedang berjalan yaitu kerusakan pada proses alat industri dan sebagainya,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, sifat fluida penting dalam keselamatan proses. Pengendalian sistem terdiri dari HSEQ, dan unsur S tambahan lain yaitu security dalam kajian IT dan jaringan untuk menghentikan hacker.

“Karakter fluida sangat penting dalam berbicara dengan safety process yang berbahaya. Pada keamanan proses terdapat manajemen sistem terdiri dari HSEQ yaitu Health, Safety, Enviromental dan Quality. Terkadang terdapat S yaitu Security, disini bukan keamanan tetapi analis Information Technology (IT), networking yang berguna menghentikan pencurian data dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Rivaldo Afri Jones, Mahasiswa Prodi-TRET angkatan 2022, menyampaikan, rasa senang dan bahagia karena bertemu dengan orang hebat. Ia berharap, dapat bekerja di perusahaan luar negeri dengan gaji yang besar.

“Tema materi cukup menarik membuat saya senang karena mendapatkan ilmu baru dari orang Indonesia yang sukses bekerja di luar negeri. Semoga kelak bisa menirunya dengan penghasilan fantastis,”sampainya.

Salsabila, Mahasiswa Prodi-Tekim angkatan 2022, mengatakan, seminar yang dilaksanakan memberikan informasi perkembangan industri Minyak dan Gas. Harapannya, mahasiswa dapat memperluas relasi untuk menambah wawasan tentang dunia kerja pada perkembangan zaman teknologi.

“Seminar ini banyak menjelaskan materi yang dapat menunjang pemahaman bagaimana perkembangan industri Minyak dan Gas terbesar di Qatar. Semoga mahasiswa tidak sampai di sini saja, tetapi dapat memperbanyak jangkauan untuk meningkatkan mindset tentang dunia luar dalam perkembangan teknologi industri,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Perdana, Fakultas Ilmu Budaya Kenalkan Seputar Kampus di Gramedia Padang
UKM-Diving Proklamator Adakan Mubes ke-XV untuk Lanjutkan Estafet Kepemimpinan Baru

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Perdana, Fakultas Ilmu Budaya Kenalkan Seputar Kampus di Gramedia Padang
UKM-Diving Proklamator Adakan Mubes ke-XV untuk Lanjutkan Estafet Kepemimpinan Baru
Menu