Dedi: Akuntan Muda Harus Kembangkan Kemampuan Sesuai Perkembangan Zaman

Cawan WP: Devi Ramayani
564
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi melaksanakan kegiatan Bung Hatta Accounting Fair (BAF). Salah satu dari kegiatan tersebut yaitu Konferensi Nasional yang dilaksanakan di Aula Lantai 4 Gedung B6 Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada 05 hingga 06 Juni 2023.

Acara tersebut mengusung tema Peran dan Tantangan Akuntan Muda di Era Digitalisasi dalam Pencegahan Fraud. Kegiatan ini dihadiri oleh pemateri yaitu Dedi Irawan, S.E., M.Ak., CA., ASEAN CPA
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Pusat,
Riandi Putra, S.E., Ak., CA
Koordinasi Pengawas Bidang Investigasi BPKP Sumatra Barat (Sumbar), para dosen Jurusan Akuntansi serta mahasiswa.

Dedi, mengatakan, organisasi IAI telah berdiri 66 tahun. IAI memiliki program yang akan di jalankan oleh untuk profesi akuntan dan kolaborasi yang dicapai terwujud.

“IAI merupakan organisasi profesi yang berdiri pada 1957, memiliki perwakilan di 34 provinsi. Empat program yang akan dijalankan kedepannya untuk memastikan bahwa profesi akuntan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman, yaitu transformasi profesi, pembimbingan pekerja publik gejala ekosistem, memperkuat perlindungan hukum bagi profesi akuntan dan meningkatkan tata kelola organisasi IAI melalui kerja sama profesi dengan pihak terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Riandi, menjelaskan, mengenai tantangan dari seorang akuntan yaitu harus bisa mengembangkan ilmu di dunia akuntansi. Etika atau tanggung jawab profesi akuntan perlu diperhatikan lagi agar tidak ada kekeliruan Informasi.

“Tantangan seorang akuntan yaitu mempelajari lagi bukan hanya tentang dasar-dasar akuntansi, tetapi ilmunya harus dikembangkan lagi. Karena profesi akuntan tidak hanya membuat laporan keuangan tetapi memeriksanya agar tidak terjadi kesalahan data,” tuturnya.

Bayu Anugrah, Mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan 2020, menuturkan, BAF merupakan acara yang berkesan baginya karena selalu diadakan di kampus. Agenda kegiatannya berupa pembahasan materi seputar akuntasi dari narasumber yang expert dan menambah pengetahuannya.

“Acara BAF sangat berkesan bagi saya selama karena selalu konsisten diadakan dalam kampus. Memberikan pengetahuan bagaimana akuntansi di dunia luar, bahkan terdapat pengetahuan yang belum didapat di kampus melalui pemateri,” ucapnya.

Selaras dengan Bayu, Adisty Fideria, Mahasiswa Transfer Jurusan Akuntansi angkatan 2022, mengungkapkan, rangakaian kegiatan yang diberikan BAF sangat baik dan berguna untuk menambah wawasan. Konferensi Nasional memberikan topik yang jelas dan sesuai dengan zaman sekarang.

“Acaranya bagus dan bermanfaat. Topik secara keseluruhan cukup baik yang dibahasnya juga sangat relateable dengan kehidupan sekarang,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Bentuk Mahasiswa Mahir Olah Data dengan Pelatihan Eviews
Beri Wawasan Pencegahan Fraud, Himpunan Mahasiswa Akuntansi Kembali Adakan Bung Hatta Accounting Fair

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Bentuk Mahasiswa Mahir Olah Data dengan Pelatihan Eviews
Beri Wawasan Pencegahan Fraud, Himpunan Mahasiswa Akuntansi Kembali Adakan Bung Hatta Accounting Fair
Menu