SKK Ganto Adakan PKJTD: Langkah Awal Jadi Jurnalis Muda

Cawan WP: Amrizal
323
Sumber foto: Amrizal

WAWASANPROKLAMATOR-, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Surat Kabar Kampus (SKK) Ganto Universitas Negeri Padang mengadakan Pelatihan Keterampilan Jurnalistik Tingkat Dasar (PKJTD). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang Lama, Universitas Negeri Padang, Kamis (18/05/2023).

Kegiatan ini mengusung tema Gugah Kegiatan Jurnalistik dengan PERS Mahasiswa yang Independen dan Berkompeten. Acara ini dihadiri oleh kru dan peserta magang SKK Ganto dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Sumatera Barat (Sumbar).

Meri Nurfadila, Ketua Pelaksana (KP), menuturkan, PKJTD sebagai bekal untuk peserta magang yang nantinya akan berlanjut untuk Pelatihan Keterampilan Jurnalistik Tingkat Nasional (PKJTN) dan menjadikano jurnalis yang independen dan kompeten. Ia memaparkan, kegiatan ini nantinya akan ada dua pemateri yang berkait dengan berita dan foto.

“Penyelenggara acara PKJTD ini menjadi langkah awal dan bekal nantinya untuk terjun ke lapangan baik itu dalam peliputan, pengeditan, pengambilan foto, dan terakhir untuk publikasi. Adanya kegiatan ini, peserta magang dapat mengikuti rangkaian acara dengan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Pemimpin Umum SKK Ganto yang diwakili oleh Sekretaris Umum, Rezi Novita, mengatakan, PKJTD ini merupakan agenda tahunan dari SKK Ganto yang diperuntukkan untuk peserta magang sebelum menjadi kru. Ia berharap, PKJTD ini nantinya akan menjadi bekal untuk peserta magang guna menjadi kru nantinya.

“Ada dua pembahasan PKJTD kali ini yaitu berita dan fotografi, di mana keduanya merupakan hal yang sangat krusial dalam dunia jurnalistik. Harapannya setelah pelatihan ini peserta magang yang akan menjadi kru tahun depan akan menjadi jurnalis independen dan kompeten yang menghasilkan karya-karya terbaik dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” ujarnya.

Ferdinal, salah satu peserta PKJTD-SKK Ganto, berkesan, pelatihan ini cukup rapi dan teratur untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini. Ia juga menyarankan kepada panitia untuk memperhatikan fasilitas tempat pelaksanaan pelatihan.

“Pertama kali saya mengikuti acara ini sebagai peserta pelatihan jurnalistik. Semoga kegiatan kedepannya kegiatan berjalan lancar, sehingga materi yang disampaikan bisa tersampaikan dengan baik,” ucapnya.

Peserta lainnya, Gina Shania, menuturkan, pelatihan ini sangat bagus, diikuti oleh calon kru karena akan menjadi dasar untuk pembelajaran selanjutnya. Ia menyarankan, kepada peserta agar merangkum materi yang di sampaikan.

“Pelatihan yang dilaksanakan sangat bermanfaat untuk peserta magang. Sebaiknya kepada peserta magang dapat mencatat hal-hal yang dirasa perlu saat penyampaian materi nantinya,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Persiapan Rampung, Wisuda Akademik ke-79 Akan Digelar Dua Hari
Gelar Acara Ngopi Bareng, Komisi Yudisial Perkenalkan Delapan Daerah Penghubung Baru

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Persiapan Rampung, Wisuda Akademik ke-79 Akan Digelar Dua Hari
Gelar Acara Ngopi Bareng, Komisi Yudisial Perkenalkan Delapan Daerah Penghubung Baru
Menu