Gelar Acara Ngopi Bareng, Komisi Yudisial Perkenalkan Delapan Daerah Penghubung Baru

Cawan WP: Lasmini
400
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia (RI) mengadakan acara Ngopi Bareng dan Public Expose dalam rangka memperkenalkan delapan daerah penghubung KY yang baru. Kegiatan ini di laksanakan di Sikuai, Pangeran Beach Hotel pada 16 Mei 2023.

Acara ini mengusung tema KY Ada untuk Anda yang dihadiri langsung oleh Ketua KY-RI, Prof. Dr. Mukti Fajar Nur Dewata, S.H, M.Hum. Tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai penghubung KY Sumatera Barat (Sumbar). Berdasarkan hasil rapat pleno pada 8 November 2021 lalu telah ditetapkan, KY menambah delapan kantor penghubung wilayah baru yang tujuannya membantu KY dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

Dalam sambutannya, Mukti mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu. Ia turut menjelaskan tugas KY secara konstitusional serta menegaskan kemuliaan seorang hakim terdapat pada kejujuran dan keadilannya.

“Tugas KY secara konstitusional yaitu melakukan seleksi calon hakim agung. Selain itu, menjaga martabat dan perilaku hakim dengan cara melakukan pengawasan terhadap hakim,” ucapnya.

Ia menambahkan, proses peradilan di Indonesia perlu diperbaiki, karena hukum harus jadi panglima sehingga hakim bisa memberikan keputusan dengan adil. Hakim tidak boleh mendengar penjelasan dari sebelah pihak namun hakim haruslah mendengar keterangan dari kedua belah pihak.

“Ini bukan penggalangan kekuatan, kita ingin menjadi bangsa yang besar dan hebat. Bangsa yang rakyatnya selalu percaya kepada hukum, hakim dan lembaga peradilan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, untuk sanksi yang ringan dan sedang itu akan ditindak lanjuti oleh KY, sedang untuk sanksi yang lumayan berat akan ditangani oleh Mahkama Agung (MA). Keikutsertaan mahasiswa dan mahasiswi sangat diharapkan dalam membangun rehabilitas, transparansi, sinergitas dan juga integrasi dalam membangun jargon untuk bekerja sama dalam penyelesaian masalah hukum.

“Setiap pemeriksaan tidak selalu berakhir dengan terbukti bersalah, banyak pemeriksaan yang kami lakukan tidak terbukti bersalah maka akan dilakukan pemulihan nama. KY telah membuka program magang, jadi silahkan untuk magang ke KY, bisa sendiri ataupun dengan kelompok dengan cara membuat surat lalu akan diproses,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

SKK Ganto Adakan PKJTD: Langkah Awal Jadi Jurnalis Muda
Pertunjukan Hanabi Iringi Perayaan Dua Dekade Bunkasai Universitas Bung Hatta

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

SKK Ganto Adakan PKJTD: Langkah Awal Jadi Jurnalis Muda
Pertunjukan Hanabi Iringi Perayaan Dua Dekade Bunkasai Universitas Bung Hatta
Menu