Putri Bung Hatta dalam Pendikar: Sang Proklamator Adalah Sosok yang Jujur dan Bijaksana

Cawan WP: Riyan Iswara
695
Sumber foto: Riyan Iswara

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan rutin Pendidikan Karakter (Pendikar), kali ini mengusung tema Membangun Sikap Tenggang Rasa, Peduli dan Tanggung Jawab. Acara ini diselenggarakan secara Dalam Jaringan (Daring) via Zoom Meeting, Jumat (14/04/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pendikar Universitas Bung Hatta, Zulfadli, S.Kom., M.Sc., Wakil Rektor (WR) III, Dr. Hidayat, S.T., M.T., IPM., Putri Proklamator Bangsa Dr. Mohammad Hatta, Dra. Halida Nuriah Hatta, M.A., serta mahasiswa, dan masyarakat umum.

Hidayat, menuturkan, Pendikar Bung Hatta bertujuan untuk membentuk dan menanamkan karakter Kebunghattaan kepada mahasiswa. Ia juga menyampaikan harapan kepada mahasiswa mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan.

“Tanggung jawab kita bersama menanamkan karakter Bung Hatta kepada para mahasiswa. Semoga mahasiswa dapat meneladani karakter Bung Hatta,” tuturnya.

Dalam pemaparan materinya, Halida, menjelaskan, Bung Hatta merupakan seorang yang jujur, bijaksana, ikhlas dan sederhana. Menurutnya, sesuatu hal yang ada pada diri Bung Hatta yang sangat menginspirasi dalam bertata krama di kehidupan sehari-hari.

“Bung Hatta adalah sosok yang jujur, bijaksana, ikhlas, dan sederhana dalam kepentingan rakyat. Bung Hatta berperilaku saling tolong menolong, musyawarah, juga mufakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, ketika Indonesia baru saja mencapai kemerdekaannya, Bung Hatta melihat syarat menjadi sebuah negara, agar bermartabat dan diakui nilai-nilai pejuangan. Maka Bung Hatta mencanangkan Republik Indonesia harus jelas dan berprinsip demokrasi.

“Saat Indonesia merdeka, beliau memandang syarat terbentuknya suatu negara. Sehingga Bung Hatta mencanangkan prinsip demokrasi Indonesia yang jelas,” tambahnya.

Dwi Permana, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Angkatan 2018, mengungkapkan rasa senang yang ia dapat saat mengikuti kegiatan ini. Ia berkesan, adanya pendidikan karakter ini menambah wawasan dari narasumber yang sangat luar biasa dan mengajarkan banyak hal untuk menjadi individu yang lebih baik kedepannya.

“Senang bisa mengikuti pendikar. Kegiatan ini menambah pemahaman hal-hal baru dan menjadikan saya berkepribadian yang lebih baik,” ungkapnya.

Selaras dengan Dwi, Mahasiswi Prodi Teknik Kimia angkatan 2020, Nefi Marni menjelaskan, dengan diadakannya kegiatan pendikar dapat meningkatkan pengetahuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Ia berharap, agenda ini dapat terus berlanjut dan menghadirkan pemateri yang menginspirasi.

“Pemateri yang memberikan wawasan yang luar biasa dan bermanfaat bagi saya dan Bung Hatta Muda yang mengikuti pendikar. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan mengundang pemateri yang hebat,”jelasnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Sambut Hari Raya Idul Fitri, Kabag BAAK: Libur Tiap Fakultas Ikuti Edaran Rektor
Gina Paripurna Wakili Fakultas Ilmu Budaya Jadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta Tahun 2023

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Sambut Hari Raya Idul Fitri, Kabag BAAK: Libur Tiap Fakultas Ikuti Edaran Rektor
Gina Paripurna Wakili Fakultas Ilmu Budaya Jadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta Tahun 2023
Menu