Lahirkan Sifat Luhur Bung Hatta, Pendikar Semester Genap Resmi Dibuka

Cawan WP: Muhammad Iqbal
491
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) Universitas Bung Hatta semester genap tahun 2023 resmi dibuka. Kegiatan ini berlangsung di Masjido Nurjannah, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (17/03/2023).

Acara ini mengusung tema Bung Hatta Muda Milenial Teladan, Berkarakter Unggul. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pendikar Universitas Bung Hatta, Zulfadli, S.Kom., M.sc., Wakil Rektor (WR) III, Dr. Hidayat, S.T.,M.T.,IPM., Camat Inspiratif Lubuk Basung, Agam, Trainer, Ustad Hidayatul Taufik, serta mahasiswa angkatan 2022.

Pada sambutannya Hidayat menjelaskan, ia sangat ingin generasi muda mempunyai sifat religius, santun, dan disiplin. Tak hanya itu, ia menyampaikan mahasiswa diharapkan dapat menanamkan sifat Bung Hatta dalam dirinya, dengan mengikuti kegiatan ini dan belajar tentang Kebunghataan.

“Program ini diharapkan agar mahasiswa mempunyai 18 karakter, salah satunya yaitu jujur. Saat di tanya perihal apa yang membuat mahasiswa dapat menerapkan sifat Bung Hatta dalam dirinya, dengan mengadakan kegiatan ini dan mempelajari Kebunghataan lah sikap itu dapat diterapkan,” jelasnya.

Zulfadli menuturkan, Pendikar ini dirancang kepada angkatan baru selama satu tahun untuk dua semester. Tujuan diadakan kegiatan ini yaitu untuk membentuk karakter mahasiswa Universitas Bung Hatta berupa sikap yang diterapkan di kehidupan sehari-hari.

“Setelah angkatan baru dididik dan melaksanakan tugas implementasi pada fakultas, selanjutnya akan mendapatkan sertifikat Pendikar. Perubahan perilaku diharapkan kepada mahasiswa untuk menerapkan sifat seperti bagaimana Bung Hatta sewaktu muda,” tuturnya.

Dalam penyampaian materinya, Hidayatul, mengucapkan alasan semua hadir di sini tidak jauh dari masalah dan keinginan. Semua tak luput dari cobaan, kita pasti ingin diselesaikan urusan ini oleh Allah Subhanallah wata’ala (SWT).

“Maka ketahuilah, ketika Allah SWT perbanyak masalah dan cobaan, pertanda Ia sayang terhadap kita semua. Perjalanan masih panjang, kembalilah kepada-Nya maka percayalah Allah sangat rindu terhadap ibadah, zikir, tahajud, dan doa kita,” ucapnya.

Ia menambahkan, betapa ruginya kita sebagai seorang hamba ketika dengan gampangnya meninggalkan sholat, melakukan segala larangan-Nya. Tidak menutup kemungkinan Allah menjauh kepada kita semua, justru hamba-Nya yang menjauhkan diri.

“Sesungguhnya Allah tidak akan pernah meninggalkan hamba-Nya, justru kita lah yang meninggalkan Allah. Sering menganggap remeh sholat subuh dan menunda-nunda, padahal Ia sudah memberikan lima waktu untuk tempat berkeluh kesah kepada-Nya,” tambahnya.

Salsa Billa, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum, mengucapkan, ia sangat senang mengisi waktu kosong dengan pembelajaran yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Pemateri begitu menarik dapat menjelaskan untuk menjadi orang santun, jujur, dan disiplin.

“Pematerinya yang begitu memotivasi dapat menjelaskan pentingnya bersikap sopan, dan berakhlak mulia. Belajar untuk menghargai setiap orang tak lupa dengan orang tua sebagai support pertama bagi masa depan,” ucapnya

Fikri Zahana, mahasiswa Prodi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, menuturkan, setelah penyampaian materi dapat di pelajari tentang persahabatan pemicu arah kehidupan. Hal tersebut yang dapat memotivasi untuk menjadi yang lebih baik.

“Dapat diambil hikmahnya tentang arti setia kawan yang memberi pengaruh kepada diri sendiri. Tak lupa juga ibu dan bapak, orang yang tak kenal lelah mendukung sehingga bisa menduduki bangku kuliah pada kali ini,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Pelantikan Pengurus UKM Olahraga Proklamator, Siap Bangun Semangat Baru
Latihan Dasar Kepemimpinan Wujudkan Mahasiswa Agent of Change

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Pelantikan Pengurus UKM Olahraga Proklamator, Siap Bangun Semangat Baru
Latihan Dasar Kepemimpinan Wujudkan Mahasiswa Agent of Change
Menu