Tingkatkan Pemahaman tentang Research, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Adakan Kuliah Umum

Cawan WP: Riyan Iswara
782
Sumber foto: Ronald EP

WAWASANPROKLAMATOR,- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai 4 Gedung B6, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, (14/03/2023).

Kegiatan ini membahas Research dan Publication. Acara ini menghadirkan Prof. Abdul Rozak, Guru Besar Universiti Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia sebagai pemateri. Acara ini dipandu langsung oleh Meihendri, S.E., M.Si. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa FEB yang memiliki jadwal padankuliah pukul 10.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), lalu dialihkan ke agenda ini.

Dalam penyampaian materinya, Abdul, menjelaskan research adalah sistematis penyelidikan dalam menyelidiki hipotesis dan teori. Ia juga turut memaparkan, setiap research atau penelitian memiliki hipotesis dan teori.

Research memiliki data yang dapat diinterpretasikan serta bermanfaat pada penelitian masa depan. Hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan ide-ide penelitian, yaitu memahami masalah saat ini, melakukan observasi dan mengantisipasi sesuai dengan kebutuhan masa depan,” paparnya.

Ia menambahkan, tidak ada action plan pasti tidak akan ada research. Ia berharap, untuk peneliti dapat membaca literature review.

“Jika ingin penelitian yang bagus, maka harus melakukan literature review secara mendalam. Berangkat dari hal tersebut, akan menciptakan akan munculnya ide-ide baru,” tambahnya.

Farhan, mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi angkatan 2020, menuturkan, ia sangat berkesan dengan kuliah umum yang diikutinya. Menurutnya, kegiatan ini berguna untuk meningkatkan pemahaman tentang research dan publication bagi mahasiswa. Ia berharap, kegiatan ini memiliki manfaat bagi kalangan mahasiswa terutama bagi mahasiswa yang ingin melakukan mengolah data

“Pelaksanaan kuliah umum sangat berkesan karena ada sharing session serta pengarahan. Semoga dapat membantu pemahaman mahasiswa untuk melakukan penelitian,” ucapnya.

Senada dengan Farhan, Fauazizah, mahasiswi Prodi Akuntansi angkatan 2020, mengatakan kuliah umum ini sangat berkesan, dan menambah wawasan mahasiswa. Ia menambahkan, materi yang disampaikan bermanfaat untuk terjun ke dunia penelitian.

“Materi yang disampaikan memberikan wawasan bagu saya. Isi materinya sangat berkualitas karena dapat menambah pengetahuan mahasiswa tentang penelitian,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Latihan Dasar Kepemimpinan Wujudkan Mahasiswa Agent of Change
Masuki Bulan Suci Ramadan, Universitas Bung Hatta Terbitkan Edaran Pelaksanaan Kegiatan Akademik dan Non Akademik

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Latihan Dasar Kepemimpinan Wujudkan Mahasiswa Agent of Change
Masuki Bulan Suci Ramadan, Universitas Bung Hatta Terbitkan Edaran Pelaksanaan Kegiatan Akademik dan Non Akademik
Menu