Grand Launching IISMA 2023, Program Pertukaran dengan Segudang Manfaat

Cawan WP: Riju Susanti
1,020
Sumber foto: Riju Susanti

WAWASANPROKLAMATOR,- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan Grand Launching Progam Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. Kegiatan ini berlangsung secara Dalam Jaringan (Daring) via Zoom Meeting dan live streaming Youtube, Jumat (24/02/2023).

IISMA adalah beasiswa dari Kemendikbudristek untuk membiayai pelajar Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas luar negeri. Kegiatan ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Kiki Yulianti, Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Drs. Gugup Kismono, Ketua IISMA, Dr. Rachmat Sriwijaya, serta mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Rachmat, mengatakan, program IISMA memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa berbagai kalangan di Indonesia. Ia berharap mahasiswa beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan yang aktif berorganisasi dapat mendaftarkan dirinya pada program ini.

“Pertukaran pelajar ini memberikan kesempatan mahasiswa se-Indonesia  untuk belajar di kampus-kampus terbaik dunia. Tahun ini diharapkan kepada mahasiswa KIPK dan giat berorganisasi dapat unjuk diri mendaftar,” katanya.

Dalam sambutannya Gugup, menjelaskan, IISMA memberikan harapan bagi seluruh mahasiswa untuk menikmati akademik di berbagai negara. Program ini juga membagikan manfaat yang besar yaitu mendapatkan peluang lebih dalam dunia kerja.

“Agenda ini menyuguhkan kesempatan bagi pelajar baik universitas negeri atau swasta untuk belajar di seluruh penjuru dunia. Dampak positif dapat dirasakan ketika mencari pekerjaan nantinya,” ucapnya.

Kiki, menututurkan, Program IISMA merupakan program dari Kemendikbudristek dengan berpayungkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ia juga menambahkan, mahasiswa yang mengikuti program IISMA mendapatkan pengalaman belajar di universitas luar negeri dan dapat menjadi duta bagi indonesia.

“IISMA merupakan bagian dari program besar Kemendikbudristek dan bernaung pada MBKM. Partisipasi mahasiswa pada program IISMA memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di kampus luar negeri dan diharapkan dapat menjadi duta-duta penting bagi Indonesia,” tuturnya.

Nizam, mengucapakan, IISMA merupakan program unggulan dan sudah berlangsung tiga tahun yang sangat diminati oleh mahasiswa. Pendaftaran telah dibuka pada 08 Februari lalu hingga 01 Maret 2023.

“IISMA merupakan program unggulan dan sudah memasuki tahun ketiga dengan mengirim ribuan mahasiswa ke mancanegara dan menjadi internship paling diminati. Pendaftaran IISMA dibuka selama satu bulan dan program pembelajarannya akan berlangsung selama satu semester di universitas yang telah ditentukan,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Resmi Dilantik, Lembaga Fakultas Ilmu Budaya Siap Bangun Kepemimpinan Berintegritas
Sosialisasi IISMA 2023: Ajang Pengenalan Budaya ke Luar Negeri

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Resmi Dilantik, Lembaga Fakultas Ilmu Budaya Siap Bangun Kepemimpinan Berintegritas
Sosialisasi IISMA 2023: Ajang Pengenalan Budaya ke Luar Negeri
Menu