Festival Budaya Nusantara Meriahkan Pelepasan Peserta PMM 2

Febry WP
877
Sumber foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta menggelar Festival Budaya Nusantara dalam rangka pelepasan peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2. Kegiatan tersebut berlangsung di Balairung Caraka, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Selasa (17/01/2023).

Acara ini mengangkat tema Bertukar Sementara Bermakna Selamanya. Peserta PMM 2 menyuguhkan penampilan budaya daerah masing-masing dengan tujuan memperkenalkan kearifan nusantara.
Festival ini dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) III Dr. Hidayat, Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan, Ahmad Iffan, M.H, Koordinator PMM 2, Zulfadli, M.Sc, dosen, dan lembaga selingkup kampus.

Zulfadli, menjelaskan, Universitas Bung Hatta pertama kali menerima PMM sebanyak 19 orang yang berasal dari 13 kampus yang berbeda di Pulau Jawa. Kegiatan yang telah dilakukan sebanyak 25 program yang terbagi atas inspirasi, kebhinekaan, refleksi, dan kontribusi sosial.

“Sejumlah 19 mahasiswa yang berasal dari 13 universitas di Pulau Jawa telah menjalani PMM 2 di kampus kita. Banyak kegiatan telah dilakukan pada PMM 2 ini”, jelasnya.

Kepala Suku PMM 2, Tania Pebriyani Wismajaya, menuturkan, terima kasih kepada Universitas Bung Hatta yang telah menjadi wadah untuk menimba ilmu bagi peserta PMM 2. Ia menambahkan, adanya PMM 2 bertujuan agar mahasiswa dapat lebih dalam mengenal budaya nusantara.

“Terima kasih kepada Universitas Bung Hatta telah menjadi fasilitator kami selama 4 bulan untuk menimba ilmu di ranah Minang. Kegiatan ada agar kami dapat lebih mengenal keanekaragaman budaya,” tuturnya.

Seiring dengan Tania, Hidayat, mengucapkan, terima kasih kepada peserta PMM 2 yang telah memilih Universitas Bung Hatta untuk menggali ilmu. Ia turut berpesan kepada peserta, jadikan pengalaman yang didapat di Sumatera Barat sebagai bekal untuk masa depan.

“Selamat telah menyelesaikan PMM 2 di Universitas Bung Hatta dan terima kasih telah memilih kampus ini. Pengalaman yang telah diperoleh di bumi Minang dapat dijadikan bekal untuk menghadapi masa depan,” ucapnya.

Nurul Hidayatul Husna, Ketua Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa Universitas Bung Hatta (DPMMU), mengungkapkan, Pertukaran Mahasiswa dapat terus berlanjut dan mampu membagikan kekayaan budaya Sumatera Barat ke masyarakat daerah lain. Berbagai experience yang didapat selama mengikuti PMM 2 diharapkan mampu memotivasi rekan yang lain untuk dapat berpartisipasi menambah ilmu dalam program ini.

“Pelaksanaan PMM 2 di Universitas Bung Hatta diharapkan mampu terus berlanjut dan bisa memperkenalkan budaya Sumatera Barat. Pengalaman yang diperoleh oleh peserta dapat mendorong mahasiswa lain untuk ikut andil dalam program ini,” ungkapnya.

Rafael Fernando, perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Universitas Bung Hatta Proklamator, mengutarakan, peserta yang telah resmi menyelesaikan PMM 2 semoga mampu meimplementasikan ilmu yang didapat untuk meraih masa depan. Ia menambahkan, peserta dapat terus bergerak sebagai agen perubahan dalam memperkaya dan membagikan berbagai budaya nusantara.

“Mahasiswa pertukaran yang telah melaksanakan program ini selama 4 bulan lamanya sepatutnya mampu mempergunakan ilmu yang diperoleh untuk masa yang akan mendatang. Semoga dapat menjadi mahasiswa yang terus bergerak untuk memperkenalkan kearifan lokal,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Pusgawa Pindah Lokasi, Fasilitas Lebih Memadai
Bekali Mahasiswa Menjadi Pembina Pramuka, FKIP Gelar Kursus Mahir Dasar

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Pusgawa Pindah Lokasi, Fasilitas Lebih Memadai
Bekali Mahasiswa Menjadi Pembina Pramuka, FKIP Gelar Kursus Mahir Dasar
Menu