Labor Hukum Kembali Gelar Lomba Peradilan Semu

Shenia WP
557
Foto: Penyelenggara

WAWASANPROKLAMATOR,- Labor Hukum Universitas Bung Hatta melaksanakan lomba Peradilan Semu antar kelas. Acara ini digelar di Gedung Fakultas Hukum (FH) Lantai 3, Kampus Proklamator ll Universitas Bung Hatta, Kamis (29/12/2022).

Kegiatan tersebut dikhususkan untuk mata kuliah peradilan semu semester tujuh, tetapi terdapat satu kelompok dari pelajaran praktek kemahiran pidana. Setiap kelompok terdiri dari, ketua hakim, anggota hakim satu, anggota hakim dua, jaksa penuntut umum satu, jaksa penuntut umum dua, penasihat hukum satu, penasihat dua, panitra, dan terdakwa. Sistem penilaian bukan hanya untuk individu terbaik melainkan juga kelompok terbaik.

Ketua labor hukum, Helmi Chandra, M.H, menjelaskan, peradilan semu merupakan mata kuliah wajib mahasiswa hukum semester tujuh. Tak hanya itu, dengan dilaksanakannya event ini diharapkan mampu melahirkan orang yang bisa menegakan hukum bukan saja profesional dalam bidang keilmuan.

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu mata pelajaran mahasiswa akhir. Tujuan diadakannya acara ini agar dapat mendorong mahasiswa menjadi ahli hukum,” tuturnya.

Dr. Uning Pratimaratri, Dekan FH, mengaharapkan event ini didokumentasikan dengan baik agar bisa dibagikan ke media sosial dan ditengok khalayak umum. Ia juga turut berterima kasih kepada panitia yang telah berkontribusi.

“Harapannya seluruh kegiatan ini dapat diabadikan dengan menarik agar ketika diupload ke media sosial mendapat banyak respon positif. Kerja keras panitia dalam menyukseskan agenda ini, sangat patut diberi apresiasi,” ujarnya.

Peserta lomba angkatan 2020, Thika Putri Salma, merasa berkesan pada lomba peradilan semu tahun 2022 karena merupakan lomba pertama baginya. Ia juga berharap, dapat menyiapkan diri tampil terbaik pada lomba selanjutnya.

“Ini merupakan kali pertama saya mengikuti lomba dan alhamdulillah mendapatkan hakim terbaik 3. Harapan saya bisa memaksimalkan diri untuk mengikuti pertandingan peradilan semu tahun depan,” ungkapnya.

Raja Akhbar Firdaus, peserta angkatan 2019, menguraikan, ia lebih mengetahui secara mendalam melalui praktek pada perlombaan ini, bagaimana teknik yang tepat dalam beracara. Ua berharap, mahasiswa hukum dapat memotivasi diri untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan pihak kampus.

“Perlombaan ini memberikan ilmu yang bermanfaat dan mempermudahkan saya dalam menerapkannya. Semoga acaranya terus berjalan supaya bisa mendidik mahasiswa, selepas lulus nanti sudah paham dan dapat mempraktikannya,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Genap Tiga Dekade Berdikari, UKPM Wawasan Proklamator Helat Dies Natalis
Regenerasi Estafet Kepemimpinan, SKK Ganto Lakukan Musyawarah Besar

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Genap Tiga Dekade Berdikari, UKPM Wawasan Proklamator Helat Dies Natalis
Regenerasi Estafet Kepemimpinan, SKK Ganto Lakukan Musyawarah Besar
Menu