Universitas Bung Hatta Kolaborasi bersama HPI Adakan Studi Generale Industri Penerjemah

Enjel WP
432
Sumber: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta menggelar kegiatan Studium Generale dan Semi Workshop Penerjemahan. Acara ini diselenggarakan di Balairung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Rabu (07/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II Dr. Elfiondri, Diana Chitra Hasan, Ph.D, Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Event ini turut mengundang Ketua Umum Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI), Indra Listyo, Anna Wiksmadhara, Penerjemah Prefesional Bidang Minyak dan Gas Bumi (Migas) sebagai narasumber.

Diana menyebutkan, kegiatan ini merupakan peningkatan kerjasama yang sudah di inisiasi oleh Prodi Sastra Inggris. Inisiasi dilakukan pada pertengahan tahun 2019, ia juga berterima kasih kepada HPI karena telah memberikan ilmu kepada mahasiswa dan dosen dalam acara ini.

“Tentunya kolaborasi ini perlu ditingkatkan ke level universitas maka akan banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan. Harapan saya untuk mahasiswa dapat mengikuti kuliah umum dengan antusias,” paparnya.

Dalam sambutannya Indra mengucapkan terima kasih karena telah di ikut sertakan dalam acara yang diadakan oleh Universitas Bung Hatta. HPI asosiasi profesi untuk para penerjemah dan juru bahasa yang memiliki anggota beragam.

“Berbagai bahasa yang telah kami terjemahkan dengan kualitas dan klasifikasi yang beragam. Asosiasi sangat menyambut baik karena bisa bekerjasama dengan perguruan, tinggi tidak saja dipasang melainkan juga di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Anna, dalam materinya memaparkan, era digital ialah zaman google translate, seandainya kita selalu memakai terjemahan dijamin kehidupan kita tidak akan pernah jalan. Jika kita menggunakan internet untuk mengartikan bahasa-bahasa asing maka akan berbeda maknanya.

“Ketika kita akan menerjemahkan teks hukum tentunya harus seratus persen konsisten. Harapan saya untuk mahasiswa yang ada di sini, jangan pernah jadikan google translate sebagai budaya Penerjemah, semoga ilmu ini berguna bagi para mahasiswa,” paparnya.

Defy Aulia Martiza, Prodi Sastra Jepang angkatan 2021, ia mengucapkan kuliah umum ini sangat menyenangkan. Banyak sekali ilmu yang di dapatkan dari kegiatan kuliah umum ini, ia berharap dapat menggunakan ilmu yang telah disampaikan dalam perkuliahan dengar sangat baik.

“Semoga Universitas Bung Hatta dapat melakukan kegiatan kuliah umum seperti ini lebih sering lagi. Harapan saya untuk kedepannya mahasiswa lebih tertarik lagi dengan kegiatan seperti ini,” harapnya.

Mahasiswa dari Prodi Sastra Indonesia angkatan 2020, Cella Andreani, menyampaikan, kuliah umum yang di selenggarakan hari ini acaranya sangat bagus dan menarik. Materi yang disampaikan berkaitan dengan jurusan yang ada di FIB yaitu penerjemahan bahasa.

“Pesan saya untuk kegiatan ini lebih di perpanjang lagi waktunya agar dapat menerima lebih banyak ilmu lagi. Semoga kedepannya mahasiswa dapat lebih tertarik lagi dalam acara seperti ini,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Lanjutkan Tongkat Kepengurusan, BEMM Universitas Bung Hatta Periode 2022-2023 Resmi Dikukuhkan
Klinik Rahmi Hatta Kampus Proklamator II Tak Kunjung Beroperasional, Manajer Beri Tanggapan

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Lanjutkan Tongkat Kepengurusan, BEMM Universitas Bung Hatta Periode 2022-2023 Resmi Dikukuhkan
Klinik Rahmi Hatta Kampus Proklamator II Tak Kunjung Beroperasional, Manajer Beri Tanggapan
Menu