Klinik Rahmi Hatta Kampus Proklamator II Tak Kunjung Beroperasional, Manajer Beri Tanggapan

Feby WP
1,119
Sumber Foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Klinik Rahmi Hatta merupakan fasilitas kampus yang menunjang kesehatan mahasiswa Universitas Bung Hatta. Balai pengobatan ini bertempat di Kampus Proklamator I dan II, namun yang aktif beroperasi hanya di Kampus Proklamator I, Selasa (06/12/2022).

Pelayanan Klinik Rahmi Hatta di Kampus Proklamator II terhenti semenjak wabah Covid-19 mulai marak di Kota Padang. Saat wawancara sebelumnya, Manajer Klinik Rahmi Hatta, Suryanti, Apt., menyampaikan bahwa balai pengobatan tersebut akan dibuka pada akhir November atau awal Desember, namun, sampai sekarang belum kunjung aktif kembali.

Suryanti menerangkan, Klinik Rahmi Hatta di Kampus Proklamator II belum mempunyai izin operasional, karena berkasnya belum lengkap sehingga belum bisa diajukan. Balai kesehatan yang berada di Kampus Proklamator I terbuka untuk umum karena sudah ada perizinannya, sebab itulah bisa bekerja sama dengan instansi lain.

“Rencana klinik di Kampus Proklamator II akan kembali praktik di minggu ketiga atau keempat Desember, pokoknya diusahakan dalam bulan ini. Belum adanya surat izin resmi mengakibatkan kami tidak bisa membuka layanan untuk umum, sehingga prasarana ini hanya tersedia untuk selingkup masyarakat Universitas Bung Hatta,” ujarnya.

Ia menambahkan, ruangan klinik itu harus masing-masing menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Wajib ada ruangan Konsultasi Ibu dan Anak (KIA), lansia, administrasi dan rekam medis. Setiap ruangan tersebut harus terpisah tidak boleh digabung.

“Ruangan klinik Kampus Proklamator II masih terbatas jika dibandingkan dengan Klinik Rahmi Hatta di Kampus Proklamator I. Sementara, di Kampus Proklamator I pun masih belum lengkap, contohnya saja ruangan KIA kita tidak punya sehingga digabung dengan umum, untuk penyimpanan rekam medis juga belum ada ruangan khusus hanya lemari sebagai tempat penyimpanan,” tambahnya.

Beliau juga memaparkan, pegawai yang akan ditugaskan dipilih dari tenaga kerja Klinik Rahmi Hatta Kampus Proklamator I, karena jadwal operasional tidak akan full dalam seminggu. Ia juga menuturkan, bantuan dari pihak kampus yaitu penyediaan tempat praktik, persoalan fasilitas adalah bentuk kerja sama klinik dengan yayasan.

“Harapannya kami bisa melayani dengan baik saat pengaktifan kembali klinik di Kampus Proklamator II. Ibaratnya di sana hanya untuk pelayanan dasar bagi mahasiswa yang butuh obat, sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan di sana. Apabila urgent, mahasiswa bisa datang langsung ke Klinik Rahmi Hatta Kampus Proklamator I,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Universitas Bung Hatta Kolaborasi bersama HPI Adakan Studi Generale Industri Penerjemah
Kekang Kebebasan Pers, Jurnalis Sumbar Tolak RKUHP

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Universitas Bung Hatta Kolaborasi bersama HPI Adakan Studi Generale Industri Penerjemah
Kekang Kebebasan Pers, Jurnalis Sumbar Tolak RKUHP
Menu