Prodi PTIK Gelar Pelatihan Bagi Siswa SMK N 1 Lubuk Basung

Feby WP
666
Sumber Foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) mengadakan program Pelatihan Editing Video dan Design Grafis Menggunakan Smartphone. Event ini dihelat di Aula Gedung B6, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Selasa (29/11/2022).

Panitia kegiatan ini diambil dari anggota Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (HMMPS-PTIK) dan juga melibatkan sejumlah mahasiswa aktif. Pesertanya adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N)) 1 Lubuk Basung dari jurusan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ) dan Multimedia. Narasumber acara ini dipilih dari dosen prodi PTIK sendiri yaitu Ashabul Khairi, M.Kom.

Ketua prodi (Kaprodi) sekaligus Ketua Pelaksana (KP), Dr. Karmila Suryani, menjelaskan, pelatihan ini diadakan sekaligus sebagai ajang promosi prodi PTIK. Para peserta sangat antusias selama acara berlangsung, harapannya siswa SMK N 1 Lubuk Basung berminat melanjutkan studinya ke prodi PTIK Universitas Bung Hatta.

“Sepuluh pemenang akan kami beri hadiah yaitu gratis uang pendaftaran masuk Universitas Bung Hatta, jadi biayanya ditanggung oleh PTIK sendiri. Harapannya siswa yang terpilih berminat untuk gabung bersama prodi kami,” jelasnya.

Diva Mawaddah, Wakil HMMPS-PTIK, turut menanggapi, program ini mengenai editing video dan design menggunakan aplikasi Canva melalui smartphone. Penjelasan teori dari kegiatan ini dipandu oleh narasumber serta pengaplikasiannya dibimbing oleh panitia.

“Peserta yang kami pilih dari kalangan siswa SMK karena mayoritas jurusannya relevan dengan prodi kami yang berkaitan dengan komputer dan Ilmu Teknologi (IT). Semoga dengan adanya agenda ini bisa meningkatkan minat siswa masuk ke prodi kami dan mudah-mudahan PTIK bisa lebih dikenal banyak orang,” tuturnya.

Sehubungan dengan hal ini, Zedri Formen M.Pd., mengutarakan, event ini merupakan agenda tahunan SMK N 1 Lubuk Basung yang diikuti sebanyak 75 orang siswa dengan tiga bus sebagai alat transportasi. Ia juga menambahkan, pada dasarnya siswa SMK dipersiapkan untuk langsung bekerja, semoga dengan adanya acara ini para siswa timbul minat untuk berkuliah.

“Kunjungan kali ini dalam rangka menindaklanjuti Momerandum or Understanding (MoY) dengan Universitas Bung Hatta karena setahun yang lalu SMK N 1 Lubuk Basung membuat kesepakatan di rektorat bersama rektor. Siswa yang mengikuti pelatihan ini dari kelas 12, target kami mereka bisa kuliah gratis karena kebanyakan dari kalangan menengah ke bawah,” utaranya.

Sanita Asmara, salah satu peserta dari jurusan TRKJ, mengungkapkan, materi yang dipaparkan mudah dimengerti dan dalam praktik editingnya seru karena dibagi lima kelompok oleh panitia serta diberi hadiah untuk video terbaik. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat karena menambah ilmu pengetahuan baru.

“Pelatihan ini sangat menarik karena mengajarkan ilmu editing sekaligus aplikasinya langsung di tempat. Mengikuti event ini sangat asyik sekali bagi saya karena belajar hal baru di luar lingkungan sekolah,” ujarnya.

Selaras dengan Sanita, Muhammad Fajar dari jurusan Multimedia, turut memaparkan, dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kualitas keilmuan siswa karena menambah wawasan dalam dunia editing. Walaupun niat awalnya langsung bekerja dengan adanya kegiatan ini ia juga tertarik untuk kuliah.

“Panitia yang mengarahkan selama proses editing sangat ramah sehingga kami nyaman untuk belajar dalam pelatihan ini. Penyampaian narasumber pun mudah dipahami sehingga ilmu yang disampaikan bisa menjembatani ketika praktik editing,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Perjalanan Penuh Karya, Suara Kampus Rayakan HUT ke-44
Implementasi Materi Orasi, Peserta LKMMTD Fakultas Hukum Adakan Aksi Demonstrasi

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Perjalanan Penuh Karya, Suara Kampus Rayakan HUT ke-44
Implementasi Materi Orasi, Peserta LKMMTD Fakultas Hukum Adakan Aksi Demonstrasi
Menu