Mahasiswa Bung Hatta Raih Medali Perunggu dalam POMNas XVII

Fidi WP
506
Sumber: Muhammad Baiqi Aulia

WAWASANPROKLAMATOR,- Muhammad Baiqi Aulia, Mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) angkatan 2017 meraih medali perunggu, pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII. Perlombaan tersebut diselenggarakan di Universitas Negeri Padang pada 17 hingga 26 November lalu.

Baiqi merupakan atlet Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat. Tarung Derajat merupakan salah satu olahraga bela diri asli dari Indonesia. Sistem dalam permainan bela diri ini adalah tarung bebas dengan beberapa teknik seperti kombinasi pukulan dan tendangan. Perlombaan cabor Tarung Derajat dilaksanakan pada 23 sampai 25 November 2022.

Ia memaparkan, dirinya sudah terjun di cabor ini sejak 8 tahun silam dan sempat vakum saat mengenyam bangku perkuliahan. Baiqi mulai fokus berlatih secara rutin untuk mempersiapkan dirinya pada ajang bertaraf nasional tersebut.

“Sudah menggeluti Tarung Derajat dari 2014 dan sempat juga terhenti sementara. Mulai berlatih lagi untuk persiapan POMNas,” tuturnya.

Sementara itu, dalam persiapannya, Baiqi melakukan latihan di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP. Selama persiapan lomba, ia menuturkan pihak kampus memfasilitasi dirinya untuk melakukan serangkaian latihan.

“Latihan dilakukan di lantai 3 FIK UNP. Alhamdulillah kami difasilitasi untuk berlatih Tarung Derajat,” paparnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dirinya sudah mendapat banyak pengalaman dalam cabor ini. Baiqi merasa bersyukur karena bisa mengikuti ajang pertandingan mahasiswa skala nasional.

“Sering mengikuti pertandingan Tarung Derajat menjadikan saya kaya akan pengalaman. Senang karena bisa berlaga dalam perlombaan tingkat nasional,” ucapnya.

Ia mengaku, sejauh ini dari pihak kampus sendiri menyediakan pakaian tim dan uang saku. Kendala yang dihadapi Baiqi yaitu, dirinya sempat mengalami cedera menjelang pertandingan masih menggunakan dana pribadi.

“Pihak kampus memfasilitasi jaket dan training kontingen dari Univeritas Bung Hatta. Sebelum pelaksanaan lomba, saya sempat mengalami luka, dan untuk persiapan memakai biaya sendiri,” akunya.

Baiqi turut berharap, ada Bung Hatta Muda lain yang bisa mengikuti perlombaan pada tahun selanjutnya. Tetap berusaha, latihan dengan giat dan tak lupa untuk terus semangat.

“Semoga atlet-atlet dari kampus kita bisa mengikuti POMNas berikutnya. Intinya, tetap berusaha, latihan dan latihan, dan semangat,” tutupnya.

Sumatera Barat jadi juara umum dalam Tarung Derajat dengan pencapaian 5 Emas 2 Perak dan 3 Perunggu.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Implementasi Materi Orasi, Peserta LKMMTD Fakultas Hukum Adakan Aksi Demonstrasi
Berikan Pengetahuan Pelecahan Seksual, UKPM WP Adakan Seminar dan Diskusi Interaktif

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Implementasi Materi Orasi, Peserta LKMMTD Fakultas Hukum Adakan Aksi Demonstrasi
Berikan Pengetahuan Pelecahan Seksual, UKPM WP Adakan Seminar dan Diskusi Interaktif
Menu