Tingkatkan Pemahaman Metodologi Penelitian, FKIP Langsungkan Kuliah Umum

Febry WP
758
Sumber Foto: Kru WP

WAWASAN PROKLAMATOR,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta menggelar kuliah umum dengan topik Research Methodology. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung B6, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Selasa (22/09/2022).

Kuliah umum kali ini menghadirkan narasumber yang berasal dari INTI Internasional University Malaysia, Prof. Arman Rasli dan di moderatori oleh Adzanil Prima Septy, Ph.D. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dari FKIP guna memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan dosen terkait isu-isu di dunia pendidikan.

Ketua Pelaksana (KP), Dr. Syofiani memaparkan, pembahasan yang diusung sangatlah penting bagi insan akademisi terkhususnya bagi mahasiswa guna menyelesaikan tugas akhir. Ia berharap, mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini mampu mendesain penelitian agar sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

“Kuliah umum kali ini diperuntukkan bagi mahasiswa agar mampu menyusun tugas akhir. Harapannya mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mendesain penelitian yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah,” paparnya.

Dekan FKIP, Dr. Yetty Morelent, M.Hum, menjelaskan, diangkatnya tema Research Methodology berlandaskan agar mahasiswa dapat melakukan penelitian dengan baik sesuai prosedur yang ditetapkan. Peserta kegiatan yang hadir diharapkan mampu aktif dalam kuliah umum kali ini agar ilmu yang diperoleh dapat optimal.

“Tema yang dipilih kali ini bermaksud, agar mahasiswa mampu melakukan penelitian sesuai prosedur yang ditetapkan dengan baik dan benar. Semoga peserta yang hadir mampu aktif menyimak dan bertanya kepada pemateri agar pengetahuan yang didapat bisa lebih optimal,” jelasnya.

Arman, dalam pemaparan materinya, memaparkan, metode penelitian dipilih berdasarkan tujuan studi, biaya yang diperlukan, dan ketersediaan data. Selain itu dalam melakukan penelitian terdapat metode dasar yakni survei, eksperimen, studi data, observasi, dan wawancara.

“Proses penelitian yang dilakukan perlu dipilih metodenya berlandaskan tujuan studi, biaya yang digunakan, dan ketersediaan data. Di samping itu, metode dasar yang dipakai dalam suatu penelitian ialah survei, eksperimen, studi data, observasi, dan wawancara,” paparnya.

Sri Wahyuni, mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2020, menuturkan, digelarnya kuliah umum ini sangat membantu dalam mata kuliah metodologi penelitian guna menyusun skripsi nantinya. Ia manambahkan, kegiatan ini hendaknya lebih sering digelar kembali dengan mengangkat tema yang berbeda.

“Acara ini sangat memberikan manfaat kepada mahasiswa dalam mata kuliah metodologi penelitian guna mendukung penyusunan skripsi pada akhir perkuliahan. Harapan saya FKIP kembali menggelar kuliah umum seperti ini tetapi dengan tema pembahasan yang berbeda,” tuturnya.

Wandira, mahasiswa prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) angkatan 2020, mengungkapkan, pelaksana kegiatan ini mengundang narasumber hebat kali yang mampu memberikan manfaat pengetahuan kepada mahasiswa dalam bidang penelitian. Ilmu yang didapatkan diharapkan bisa diimplementasikan oleh seluruh insan akademisi yang hadir.

“Kuliah Umum FKIP mampu menghadirkan pemateri yang hebat dibidang penelitian guna memberikan pengetahuan kepada mahasiswa. Hendaknya materi yang dibagikan pada kegiatan ini dapat diterapkan oleh seluruh insan akademisi yang turut hadir,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Sebagian Mahasiswa Kesulitan Akses Portal, Pihak Kampus Larang Pedagang Berjualan
Usai Mimbar Bebas, BEM FTSP Resmi Tetapkan Gubernur Terpilih

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Sebagian Mahasiswa Kesulitan Akses Portal, Pihak Kampus Larang Pedagang Berjualan
Usai Mimbar Bebas, BEM FTSP Resmi Tetapkan Gubernur Terpilih
Menu