FKIP Hadirkan Dosen UGM dalam Kuliah Umum Ketahanan Nasional

Enjel WP
301
Kru WP

WAWASAN PROKLAMATOR,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menghelat kuliah umum. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung B6 Lantai 4, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta pada Rabu (09/11/2022).

Program ini mengusung tema Nilai-Nilai Kebangsaan dan Ketahanan Nasional. Event ini menghadirkan Prof.Armaidy Armawi, Ketua Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Ilmu Ketahanan Nasional dan Dra. Pebriyenni, Ketua Prodi (Kaprodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai pemateri. Acara ini dipandu langsung oleh Dr.Syofiani. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa FKIP yang memiliki jadwal kuliah pukul 13.00 WIB, lalu dialihkan ke kuliah umum.

Pebriyenni, Ketua Pelaksana (KP), memaparkan, tujuan diadakannya kuliah umum ini untuk menanamkan kode etik kebangsaan agar bisa mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama Universitas Gajah Mada (UGM) dengan penyelenggara, yang melibatkan civitas academica selingkup FKIP.

“Kepanitian dalam acara ini kita ambil dari semua dosen keguruan. Kegiatan yang berlangsung sudah di siapkan jauh-jauh hari jadi tidak mendadak, dan diikuti oleh mahasiswa yang bertepatan dengan jadwal kuliahnya,” ucapnya.

Armaidy, menyampaikan, tanah air yang kita miliki sekarang bukanlah milik nenek moyang kita tetapi ialah kekayaan negeri yang kita pinjam dari generasi yang akan datang. Ia juga turut memaparkan, dengan segala konflik yang terjadi di Indonesia tidak mampu menghilangkan identitas kebangsaan itu sendiri.

“Indonesia adalah negara dengan 1001 macam keunikan dalam dinamisasinya. Perbedaan dan keragaman yang kerap menimbulkan benih konflik internal nyatanya tidak sedikit pun menggoyahkan identitas kebangsaan yang telah dipupuk dan dibina,” paparnya.

Pebriyenni menambahkan materi, nilai-nilai kebangsaan diambil dari sumber budaya Indonesia berupa ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, keadilan pluralis dan multikultural serta patriotisme. Hal tersebut merupakan pemacu pembangunan nasional, guna mewujudkan negara yang sejahtera.

“Penerapan nyata wawasan kebangsaan berpedoman pada norma nasionalisme dimulai dari keagamaan hingga lingkungan. Meningkatkan ketahanan nasional dapat kita lakukan jika mengimplementasikan semuanya,” tambahnya.

Salah satu mahasiswa dari Jurusan PPKn, Nurul Hidayah, berpesan, sarana yang disediakan sudah memadai namun antusiasme mahasiswa yang tinggi memberikan dampak terhadap keberlangsungan kegiatan. Ia turut berharap, agar kegiatan ini dapat diperbaiki lagi kedepannya untuk menghindari berbagai kendala.

“Kedepannya dari pihak penyelenggara kegiatan dapat meningkatkan fasilitas yang ada dalam acara. Pemilihan tempat juga perlu dipertimbangkan untuk kegiatan selanjutnya karna daya tampung yang minim untuk audiens selingkup FKIP” tutupnya. harapnya.

Randi Ali Zamardi dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), berkesan, acara yang diadakan sangat memuaskan, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu dan juga wawasan untuk mahasiswa. Ia menambahkan, materi yang disampaikan bermanfaat untuk menjaga ketahanan nasional bangsa.

“Materi yang di sampaikan memberikan ilmu yang sangat berguna bagi kami. Isi materinya sangat berkualitas karena dapat membentuk karakter mahasiswa menjadi lebih baik,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Berita Duka, Pendiri Yayasan Pendidikan Bung Hatta Tutup Usia
Buka Pendaftaran, Laboratorium FH Siap Asah Soft Skill Mahasiswa

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Berita Duka, Pendiri Yayasan Pendidikan Bung Hatta Tutup Usia
Buka Pendaftaran, Laboratorium FH Siap Asah Soft Skill Mahasiswa
Menu