Fakultas Hukum Adakan Seminar Bahas Tata Kelola Pemerintahan Melalui Keterbukaan Informasi

Tari WP
892

WAWASANPROKLAMATOR,- Fakultas Hukum (FH) Universitas Bung Hatta menghelat seminar yang bertemakan Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Melalui Keterbukaan informasi. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung B, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jum’at (29/09/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh dekan FH sekaligus pemateri, Dr. Uning Pratimaratri, Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Padang, Miko Kamal, Ph.D., Arya Sandhiyudha, Ph.D, serta peserta seminar dari kalangan mahasiswa dan advokat.

Miko dalam sambutannya mengatakan, ia sangat mengapresiasi tamu undangan yang menyempatkan hadir. Ia juga menyampaikan, pentingnya keterbukaan informasi publik sesuai Undang-undang Nomor 28 Tahun 2008 dalam tata kelola pemerintahan, apalagi profesi advokat.

“Terima kasih kepada semua rekan-rekan yang hadir. Kunci dari tata kelola pemerintahan yang baik bisa dilihat dari keterbukaan informasi, sebegitu pentingnya transparansi publik,” ungkapnya.

Dalam penyampaian materinya, Arya menerangkan, informasi adalah gagasan terakhir dalam tata kelola pemerintahan. Ia menjelaskan, ada tiga transparansi yang harus dibuka salah satunya info yang diumumkan secara berkala.

“Gagasan mutakhir dari tata kelola pemerintahan merupakan keterbukaan informasi yang jelas. Ada tiga yang wajib dibuka ke publik yaitu informasi secara berkala, merata, serta setiap saat,” terangnya.

Uning turut menjelaskan, tidak semua informasi itu dibuka ke publik, ada hal-hal tertentu yang harus mempunyai kejelasan atas permintaan informasi tersebut. Menurut hukum acara, jika terjadi pelanggaran tersebut ada tahapan dalam penyelesaiannya.

“Informasi yang dibuka ke publik ada ketentuannya, tidak semua orang bisa mengakses, seperti data pasien Human Immunodeficiency Virus (HIV). Penyelesaian sengketa kebocoran data yang pertama melalui komisi informasi yaitu mediasi, ajudikasi, jika tidak bisa diselesaikan lanjut ke pengadilan negeri,” jelasnya.

Mahasiswa FH dari angkatan 2020, Abrar Tanjung, berkesan seminar yang diikutinya bermanfaat serta juga mengarahkan menjadi advokat yang baik kedepannya. Ia berharap, acaranya berguna bagi masa depan mahasiswa yang menghadiri.

“Pelaksanaan seminarnya sangat berkesan karna ada sharing session-nya serta dapat pengarahan. Semoga dapat membantu pemahaman mahasiswa untuk masa depan nantinya apalagi di bidang hukum,” ucapnya.

Sejalan dengan Abrar, Mahasiswa Hukum lainnya, Fatma Shelayla Aziz dari angkatan 2020, berpendapat, acaranya sangat menarik juga materinya sangat berguna bagi mahasiswa terutama di bidang hukum. Ia berharap acara ini berkelanjutan yang dapat memberi wawasan lewat seminar.

“Seminarnya sangat asyik didukung host dan pemateri yang keren, juga dapat hadiah buku bagi yang bertanya. Semoga FH dapat memberikan ilmu yang bermanfaat melalui seminar yang lebih menarik lagi,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

1 Komentar. Leave new

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Gelar Malam Keakraban Anggota Angkatan 22
Tanggapan Pimpinan Lembaga Selingkup Soal Mangkirnya Universitas Bung Hatta pada Demonstrasi Peringatan Hari Tani

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Gelar Malam Keakraban Anggota Angkatan 22
Tanggapan Pimpinan Lembaga Selingkup Soal Mangkirnya Universitas Bung Hatta pada Demonstrasi Peringatan Hari Tani
Menu