Susur Alam, Anggota Muda UKM-Mapala Proklamator Selesaikan Tugas Akhir

Feby WP
326
Sumber Foto: Panitia Pelaksana (PP)

WAWASANPROKLAMATOR,- Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Mapala) Proklamator mengadakan Kegiatan Tugas Akhir Ekspedisi Gunung Hutan Anggota Muda Mapala Proklamator angkatan XXXI. Agenda ini dilaksanakan dari Lubuk Ngalauan Sungai Bangek hingga Aia Dingin, Padang pada 19-24 Oktober 2022.

Ekspedisi ini merupakan tugas wajib yang harus dilakukan anggota muda untuk menjadi anggota penuh. Program ini diikuti oleh dua anggota muda dan empat pendamping. Harusnya kepulangan kegiatan ini pada 23 Oktober 2022, tapi karena terkendala tersesat dalam perjalanan, jadi kegiatan bisa berhasil selesai pada 24 Oktober 2022.

Ketua Pelaksana (KP), Riski Anwar, menjelaskan, tujuan event ini untuk memperdalam ilmu tentang gunung hutan. Adanya tugas akhir ini bisa membuat anggota muda lebih mengerti tentang medan perjalanan dan manajemen waktu dalam berkegiatan.

“Kegiatan yang kami lakukan di hutan adalah mendirikan camp, operasi (perjalanan), buka jalan, dan api unggun. Kendala saat menyusuri perjalanan yaitu cuaca yang tidak mendukung,” jelasnya.

Muhammad Arif, Ketua Umum UKM Mapala Proklamator, turut memaparkan, gunung hutan adalah kegiatan terakhir dalam pengkaderan anggota muda menjadi anggota penuh. Ada lima divisi yang harus mereka lakukan untuk menyelesaikan waktu magangnya.

“Lima tahapan yang harus mereka lalui yaitu rock climbing, caving, rafting, lingkungan hidup, dan gunung hutan. Harapan setelah adanya agenda ini, semoga anggota muda dapat menggali potensi dirinya, mendalami ilmu tentang gunung hutan, paham cara pemakaian peta kompas, mampu membuka jalur, dan bisa mengobservasi lapangan,” paparnya.

Peserta ekspedisi gunung hutan, Rizky Siregar, menuturkan, ikut serta dalam tugas akhir membuat dirinya lebih peduli terhadap alam. Ia juga berpesan, saat di hutan jangan mengambil sesuatu kecuali potret alam, dilarang membuang sampah sembarangan, serta tidak boleh membunuh hewan dan tumbuhan.

“Hendaknya dengan mengikuti program ini bisa mendalami medan di alam bebas agar tidak terjadi hal yang diinginkan saat perjalanan. Mudah-mudahan agenda ini bisa memberikan pengalaman pada anggota muda untuk meneruskan estafet kepengurusan berikutnya,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Persiapan Rampung, Wisuda Akademik ke-78 Akan Digelar Akhir Pekan Ini
Mubes Saje Tetapkan Andre Oktaviano Jadi Ketua Himpunan Terpilih

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Persiapan Rampung, Wisuda Akademik ke-78 Akan Digelar Akhir Pekan Ini
Mubes Saje Tetapkan Andre Oktaviano Jadi Ketua Himpunan Terpilih
Menu