Ciptakan Mahasiswa Berkarakter, Universitas Bung Hatta Adakan Pendikar

Enjel WP
1,093

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta menghelat kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) bagi mahasiswa angkatan 2021 dan 2022. Acara ini dilaksanakan di Kampus Proklamator I, II, dan III Universitas Bung Hatta, Jumat (21/10/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema Implementasi Jujur dengan Diri Sendiri. Event ini diadakan pihak kampus untuk membentuk karakter mahasiswa. Sistem pelaksanaan pendikar kali ini adalah perfakultas, jadi masing-masing fakultas pematerinya berbeda-beda dengan tema yang sama.

Harfiandri Damanhuri M.Sc, dalam pemaparan materinya menyampaikan, pendikar adalah hal yang wajib dilaksanakan sedini mungkin karena proses membentuknya tidak mudah dan membutuhkan waktu. Membangunnya perlu peran besar dari keluarga dan yang paling penting adalah kemauan diri sendiri.

“Program pendikar yang diadakan universitas kita perlu diapresiasi karena selain akademik, mahasiswa juga perlu dibimbing karakternya. Karakter seseorang adalah gambaran didikan dari orang tua, jadi membentuknya perlu peran keluarga,” paparnya.

Ia juga menuturkan, karakter kejujuran adalah rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan merupakan kebaikan yang dapat mengantarkan pelakunya ke surga di dalam ajaran agama. Definisi lainnya adalah rasa takut seseorang di dalam hatinya untuk melakukan kesalahan, ia juga menambahkan, karakter juga termasuk ke dalam identitas diri.

“Salah satu faktor yang membedakan manusia itu adalah karakternya, jadi Pendikar sangat penting untuk menjadi identitas diri seseorang. Sesuai dengan tema kita, menurut saya karakter jujur dapat diimplementasikan atas kesadaran diri sendiri,” tuturnya

Maba dari Program Studi (Prodi) Manajemen, Suci Virgiola Selvi, menjelaskan, suasana Pendikar sangat seru karena berinteraksi dengan mahasiswa lain. Ia berharap kegiatan ini kedepannya memiliki peraturan dan juga banyak menyampaikan hal positif agar bermanfaat bagi mahasiswa.

“Program ini sangat asyik karena menjadi ajang perkenalan dengan mahasiswa prodi lain yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Harapan saya untuk Pendikar selanjutnya lebih terkonsep, dan semoga bisa mengusung materi yang lebih menarik agar banyak mahasiswa yang datang,” jelasnya.

Sejalan dengan Suci, Muhammad Gibran, mahasiswa angkatan 2022 dari Prodi Budidaya Perairan (BDP), mengatakan, pemateri dalam event tadi sangat asyik dan tidak membosankan, penjelasan yang disampaikan juga sangat mudah dipahami. Mudah-mudahan dalam Pendikar berikutnya, mahasiswa lebih antusias mengikutinya.

“Materi yang disampaikan sangat mudah dimengerti karena cara memaparkannya tidak membosankan. Mahasiswa harusnya sadar ini adalah kegiatan penting, jadi saya harap pendikar selanjutnya lebih banyak yang hadir,” ucapnya.

Maba dari Prodi Teknik Kimia, Saskia Dwi Putri, juga turut mengutarakan, agenda ini sangat bermanfaat bagi Mahasiswa Baru (Maba) mengikuti kegiatan seperti ini karena diajarkan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Hendaknya dengan mengikuti acara ini sampai selesai bisa mengubah tabiat yang kurang baik.

“Usainya acara Pendikar semoga bisa menambah ilmu baru bagi audiensnya. Semoga mahasiswa lebih berminat lagi untuk mengikuti acara yang seperti ini karena kegiatan seperti ini sangat memotivasi,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Penyesalan
Masuki Minggu Ketiga, PKM Gelar Wirid Bulanan

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Penyesalan
Masuki Minggu Ketiga, PKM Gelar Wirid Bulanan
Menu