Prodi Baru, Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan Siap Ciptakan Lulusan Terbaik

Cawan WP: Enjela Julia Putri
798

WAWASANPROKLAMATOR,- Kegiatan di hari terakhir Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan Program Studi (Prodi) di setiap Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta. Acara ini perkenalan, fasilitas pembelajaran, dan sistem administrasi akademik masing-masing prodi yang ada di Universitas Bung Hatta, Sabtu (10/09/2022).

Prodi baru yang ada di Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta yaitu Prodi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan (TRET). Prodi ini berfokus kepada pengolahan dan pemanfaatan energi terbarukan yang berbasis potensi lokal khususnya di bidang geotermal, biomassa, tenaga surya dan hydropower.

Ada 18 orang siswa yang melamar untuk mendaftar ke Prodi-TRET, tetapi hanya 9 peserta yang lolos untuk melakukan sesi wawancara. Setelah sesi wawancara selesai, terpilihlah 5 orang pertama mahasiswa yang lulus di Prodi-TRET.

Misi dari Prodi-TRET sendiri yaitu, melaksanakan pendidikan yang mengahasilkan lulusan dengan keterampilan dalam mengembangkan teknologi terapan di bidang energi terbarukan. Selanjutnya, tujuan jurusan ini adalah meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian serta perekonomian masyarakat selain itu membangun kemitraan dan mengembangkan jejaring kerja sama.

Kegiatan ini juga langsung dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), Dr. Reni Desmiarti. Ia mengucapkan, mahasiswa yang sudah terpilih di jurusan TRET adalah orang-orang yang berkualitas. Ia juga menyampaikan agar mahasiswa bisa berbahasa Inggris yang baik dan fasih.

“Besar harapan saya kepada kalian yang sudah terpilih, bisa berhasil di dalam dunia pekerjaan. Maka dari itu, luluslah dengan hasil yang memuaskan serta di dalam dunia pekerjaan nantinya kalian akan banyak menggunakan Bahasa Inggris jadi tolong pelajari dengan tekun mata kuliah tersebut,” tuturnya.

Salah satu mahasiswa Prodi-TRET, Rivaldo Afri Jones, memaparkan, kuliah dengan mengambil jurusan ini adalah pilihan yang terbaik. Sebab, potensi yang sangat besar untuk masuk ke dunia pekerjaan, ia juga berharap Prodi-TRET bisa berkembang pesat di Universitas Bung Hatta.

“Karena di daerah kami sangat berpeluang besar dalam mencari pekerjaan. Harapan saya semoga Prodi-TRET bisa lebih berkembang di kampus,” paparnya

Mahasiswa Prodi-TRET lainnya, Aling Septi Putri Ananta, mengatakan, Sumber Daya Alam (SDA) mulai menipis, dengan adanya Prodi TRET bisa mengelola energi terbarukan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Ia juga berharap, untuk tahun selanjutnya orang-orang dapat memilih jurusan baru ini.

“Seperti yang kita ketahui, SDA sudah mulai menipis, jadi dengan adanya jurusan ini kita bisa mengembangkan energi terbarukan. Harapan saya nantinya semakin banyak yang memilih prodi ini sebagai jurusan yang ingin mereka ambil,” tutupnya.

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Gelar PKKMB Hari Ketiga, Prodi Sing Berikan Petunjuk Penggunaan Sistem Administrasi Akademik
PKKMB Hari Kedua Dilaksanakan Indoor, Begini Tanggapan Mahasiswa Baru FTI

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Gelar PKKMB Hari Ketiga, Prodi Sing Berikan Petunjuk Penggunaan Sistem Administrasi Akademik
PKKMB Hari Kedua Dilaksanakan Indoor, Begini Tanggapan Mahasiswa Baru FTI
Menu