Mahasiswa KKN-PPM (T) Nagari Sungai Janiah Bersama Karang Taruna Sukses Gelar Perlombaan 17 Agustus

Cawan WP: Feby Afifah Salfitri
446

WAWASANPROKLAMATOR,- Karang taruna Nagari Sungai Janiah mengadakan lomba 17 Agustus untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke- 77. Program ini dilaksanakan di balai Nagari Sungai Janiah, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Rabu (17/08/2022).

Perlombaan ini dimulai dari 14 sampai 17 Agustus sebagai puncak acara. Kegiatan yang diperlombakan yaitu pacu karung, makan kerupuk, sepak bola ria, sepak bola air, tarik tambang, lambuik-lambuik banta, dan panjat pinang. Karang Taruna, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Tematik (KKN-PPM (T)) dari Universitas Bung Hatta dan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) berkolaborasi menjadi panitia kegiatan ini.

Ketua Pelaksana, Ovan Gunawan, menjelaskan, acara ini diangkat untuk memeriahkan HUT-RI ke-77. Agenda ini dihelat setiap tahunnya dan ketika wabah Covid-19 melanda, perlombaan tetap diadakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Lomba ini sebagai ajang silaturahmi antara pemuda, masyarakat serta mahasiswa KKN agar terasa kekeluargaannya. Tahun sebelumnya juga sudah ada mahasiswa sebagai panitia perlombaan, contohnya mahasiswa dari Universitas Negri Padang (UNP),” jelasnya.

Yance Delta Putra, Ketua Karang Taruna turut berharap, dengan adanya program ini anak-anak Nagari Sungai Janiah semangat dalam merayakan kemerdekaan. Menurutnya, gairah memperingati kemerdekaan membuat anak-anak ingat pada perjuangan pahlawan dan bisa mencontohnya dalam bidang pendidikan.

“Adanya mahasiswa KKN di sini dapat membantu masyarakat dalam mengikuti acara, seperti menjelaskan jenis lomba dan melaksanakan pendaftaran. Semoga mahasiswa KKN bisa mengimplementasikan ajaran di kampus terutama etika berbicara, agar dapat ditiru anak-anak di sini,” ucapnya.

Sehubung dengan pelaksanaan event ini, Vilki Arizal, Koordinator Nagari, mengatakan, ikut serta dalam menyemarakkan HUT-RI ke-77 menciptakan kesolidan antara peserta KKN, karang taruna, dan masyarakat. Antusias masyarakat meningkat karena melihat wajah-wajah baru mahasiswa KKN.

“Harapan dengan bergabungnya anggota KKN dalam susunan kepanitiaan membentuk keakraban dengan masyarakat sekitar, agar mempermudah ketika menjalankan Program Kerja (Proker) dari kampus. Bertambah ramai acara ini dengan kehadiran kami di sini, menambah gelora masyarakat mengikuti lomba,” pungkasnya.

Salah satu peserta lomba pacu karung, Fitria Aini, mengutarakan, kedatangan peserta KKN sebagai panitia lomba sangat menghibur bagi masyarakat sekitar karena mengikutsertakan berbagai kalangan peserta. Ia mengaku, warga Nagari Sungai Janiah merasa puas atas kekompakan panitia dalam menyiapkan lomba.

“Kesan kegiatan ini sangat menyenangkan karena ada momen lucu dalam pelaksanaan lomba bersama mahasiswa KKN. Kompaknya anak KKN dan karang taruna melaksanakan acara pun dapat dirasakan masyarakat,” utaranya.

Senada dengan Fitria, Awang Faidhil juga turut berkesan, setiap tahunnya memang ada banyak cabang lomba, namun tidak ada perubahan pada lombanya. Sekarang dengan adanya peserta KKN, banyak macam perlombaan baru yang lebih bervariasi.

“Munculnya mahasiswa KKN dalam kepanitiaan agenda ini menciptakan inovasi dalam cabang lomba. Anak-anak nagari pun banyak yang ikut karena lomba terasa lebih ramai, ”tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Meriahkan HUT-RI ke-77, UKM Diving Proklamator Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Dasar Laut
Setitik Gembira di Tanah Raya

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Meriahkan HUT-RI ke-77, UKM Diving Proklamator Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Dasar Laut
Setitik Gembira di Tanah Raya
Menu