Peringati 120 Tahun Sang Proklamator, Yayasan Proklamator Bung Hatta Gelar Ultra Run dan Napak Tilas

Cawan WP: Feby Afifah Salfitri
1,108

WAWASAN PROKLAMATOR,- Yayasan Proklamator Bung Hatta menghelat acara 120 tahun Bung Hatta Sang Proklamator. Pelepasan kegiatan ini di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Sabtu (13/07/2022).

Agenda ini dibagi menjadi dua cabang kegiatan, yaitu Napak Tilas yang dikuti 189 orang dan Ultra Run sebanyak 17 peserta. Napak Tilas ini mempunyai dua etape yang melibatkan kota Bukittinggi sebagai etape pertama dan Batu Palano Agam sebagai perhentian kedua.

Ketua Pelaksana (KP), Ir. Iman Satria, mengatakan, 12 Agustus 2022 Bung Hatta berulang tahun yang ke 120 tahun jadi tema yang diangkat ialah Bung Hatta yang Tangguh dan Visioner. Salah satu rangkaian acara, yaitu Napak Tilas dan Ultra Run. Di Istana Bung Hatta pada pagi hari dilaksanakannya pelepasan yang melakukan lari 120 kilometer (km).

“Tidak hanya berlari saja, kita juga menggalang dana untuk membangun masjid Bung Hatta. Terima kasih pada panitia yang menyiapkan acara ini dan untuk melakukan persiapan hanya 3 minggu. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias,” ucapnya.

Prof. Tafdil Husni, Rektor Universitas Bung Hatta, mengutarakan, Bung Hatta memiliki perilaku berpikir kritis dan religius. Ia berharap, semoga dengan semangat hari ini bisa menyukseskan acara ini.

“Perguruan tinggi yang memakai nama Bung Hatta wajib mengajarkan nilai nilai dari Bapak Proklamator kita. Salah satunya ada mata kuliah kebunghattan yang kita ajarkan satu semester untuk seluruh mahasiswa yang merupakan ciri khas Universitas Bung Hatta,” utaranya.

Ketua Yayasan Proklamator Bung Hatta, Prof. Meizar Rahman, berterima kasih pada hadirin yang telah menghadiri acara pembukaan ini untuk memperingati 120 tahun Bung Hatta. Ia juga turut mengapresiasi segala pihak atas kerja sama dan dukungan yang sangat baik dalam menjalankan kegiatan ini.

“Dalam acara penting ini, terutama ditujukan pada generasi muda penerus bangsa tentang perjuangan Bung Hatta bersama Bung Karno yang merupakan dwi tunggal proklamator negara Indonesia. Bukan hanya mengenang kelahiran salah satu sosok besar tapi juga mencoba memahami kembali apa arti perjuangan yang menjadikan negara nasional bersatu demokratis dan berkeadilan,” paparnya.

Sehubungan dengan agenda ini, Pembina Yayasan Proklamator Bung Hatta, Prof. Meutia Farida Hatta Swasono, menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan ini sangat meriah sekali dan mengundang antusias masyarakat. Ia juga merasa senang karena ulang tahun ayahnya dirayakan pada acara seperti ini.

“Terima kasih atas acara yang semarak ini, bersyukur bahwa ulang tahun ayah saya dirayakan seperti ini. Walaupun sangat jarang manusia yang mencapai 120 tahun tapi inilah spesialnya Bung Hatta sampai 120 tahun masih diperingati,” jelasnya.

Dr. Andri Warman, Bupati Kabupaten Agam merasa bersyukur ada peringatan 120 Tahun Bung Hatta Sang Proklamator yang melibatkan Agam sebagai tempat pelaksana. Suatu kebanggaan tersendiri di kabupaten ini ada rumah kelahiran Bung Hatta.

“Hal ini merupakan suatu sejarah berkala nasional karena Bung Hatta adalah Proklamator Republik Indonesia (RI). Adanya Istana Bung Hatta akan menjadi situs sejarah dan bisa digunakan sebagai objek wisata,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Ikuti Napak Tilas Bung Hatta, Ini Tanggapan Peserta
Yayasan Proklamator Bung Hatta Gelar Acara Peringatan 120 Tahun Bung Hatta

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Ikuti Napak Tilas Bung Hatta, Ini Tanggapan Peserta
Yayasan Proklamator Bung Hatta Gelar Acara Peringatan 120 Tahun Bung Hatta
Menu