Mahasiswi Pendidikan Matematika Lolos Seleksi Tahap Nasional ONMIPA

Cawan WP: Tari Gusti Rahayu
298

WAWASANPROKLAMATOR-, Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA), yaitu lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan bidang matematika, fisika, biologi, dan kimia. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 28 hingga 29 Juli lalu, Kamis (11/08/2022).

Anisa Arnaz, Mahasiswi Pendidikan Matematika (PMAT) angkatan 2018 ini menjadi salah satu peserta yang lolos seleksi tahap Nasional berdasarkan hasil seleksi dari juri ONMIPA. Olimpiade ini dilaksanakan secara online karena pandemi Covid-19.

Ia menuturkan, persiapan yang dilakukan untuk mengikuti ONMIPA dengan belajar mandiri lewat kanal Youtube, Google, dan diskusi dengan alumni dari Universitas Bung Hatta serta dosennya. Hari pertama ia melaksanakan olimpiade di ruang Progam Studi (Prodi) PMAT, Hari kedua dilaksanakan di kos yang dihuninya.

“Persiapnnya dengan mempelajari materi melalui Youtube salah satu juri ONMIPA, pembahasan via oogle, dan terbantu lewat diskusi bersama rekan alumni Sastra Jepang dari Universitas Bung Hatta serta dosen PMAT,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan, ada beberapa kendala yang dialaminya selama olimpiade berlangsung, seperti jaringan serta smartphone nya yang kurang mendukung sehingga mengalami keterlambatan pengiriman jawaban soal yang diberikan. Hal tersebut tidak menjadikan hambatan baginya untuk bisa menyelesaikan dan mencapai tujuan.

“Ada banyak kendala saat olimpiade dilaksanakan secara online. Handphone yang digunakan sangat lama dalam mengakses serta jaringan internet yang tidak mendukung. Ada beberapa kendala lain seperti sistem yang bermasalah sulit untuk dijangkau,” jelasnya.

Ia berharap, kepada mahasiswa selanjutnya yang akan mengikuti ONMIPA ini kedepannya melakukan persiapan yang lebih matang serta lebih giat berlatih. Ia menyarankan, sebaiknya persiapan yang dilakukan sejak jauh hari ebelum kompetisi berlangsung agar berkesempatan lebih untuk melaju ke tingkat Nasional.

“Harapan saya latihannya ditingkatkan lagi kedepannya. Lakukan persiapan jauh hari sebelum olimpiade sehingga bisa berpeluang besar maju ke tingkat nasional,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Yayasan Proklamator Bung Hatta Gelar Acara Peringatan 120 Tahun Bung Hatta
UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Gelar Donor Darah Lanjutan

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Yayasan Proklamator Bung Hatta Gelar Acara Peringatan 120 Tahun Bung Hatta
UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Gelar Donor Darah Lanjutan
Menu