Mahasiswa Hidup Hemat dengan Prinsip Minimalis

Cici WP
625
Sumber foto: Pinterest

Minimalis adalah sebuah prinsip dimana kita menggunakan apa yang kita perlu, dan apa yang dibutuhkan. Selama ini, kita terlalu banyak dihadapkan dengan keinginan membeli barang-barang untuk sesaat, mengikuti tren yang tidak penting, dan memenuhi sudut kamar kos dengan barang-barang yang tak perlu. Penting sekali mengenalkan prinsip ini di kalangan mahasiswa, demi mempermudah  mengelola keuangan setiap bulannya.

Mahasiswa sering kali mendapat impuls untuk membeli barang-barang tidak penting, nongkrong sana-sini, mengunjungi tempat hiburan setiap malam, dan sebagainya. Tentu ini menimbulkan krisis keuangan ketika akhir bulan, bahkan sebelum akhir bulan. Berikut tips menanamkan prinsip minimalis bagi pemula:

  1. Mulailah buang barang yang jelas-jelas tidak digunakan
    Misalnya kamar kos kita telah banyak baju kemeja atau kaos yang dalam keadaan tidak baik. Misalnya berjamur, kotor, sulit dibersihkan, kekecilan, banyak sobekan, dan sebagainya. Jika menemukan baju yang seperti ini dan tidak bisa diperbaiki, buanglah barang-barang ini. Karena barang ini hanya memenuhi lemari Anda dan membuat sesak.
  2. Kurangi barang-barang ‘kembar’
    Seringkali kita membeli barang secara tidak sengaja dua kali, atau bahkan tiga kali. Barang-barang ini seperti gunting, gunting kuku, pisau, dan sebagainya. Mulailah membuang satu barang yang Anda tidak suka atau sudah terlihat tidak baik. Letakkan barang-barang ini sesuai tempatnya, sehingga ketika Anda membutuhkan, Anda bisa menemukannya dengan mudah.
  3. Buang barang yang sudah lama tidak terpakai
    Buanglah barang-barang yang sudah lama tidak terpakai. Jika lebih dari setahun Anda tetap tidak memakai barang-barang tersebut, maka mungkin barang-barang ini memang tidak dibutuhkan. Beda cerita dalam penggunaan jaket. Jaket digunakan ketika musim penghujan. Waktu dan kegunaanya jelas. Untuk barang-barang yang tidak digunakan lebih dari setahun, mungkin barang ini memang tidak berguna.

Dengan decluttering barang-barang yang tidak dibutuhkan, ruangan Anda jadi lebih luas dan lebih nyaman untuk ditinggali. Barang yang masih ada menjadi mudah untuk dijaga dan dirawat.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

 

 

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Wadahi Kreativitas Seniman Grafis, Himpunan Mahasiswa PTIK Gelar Lomba Desain Logo
Apa yang Penting, Apa yang Gak Penting

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Wadahi Kreativitas Seniman Grafis, Himpunan Mahasiswa PTIK Gelar Lomba Desain Logo
Apa yang Penting, Apa yang Gak Penting
Menu