Jangan Pendam Masalah Sendiri, Karena Berbagi Cerita Bukanlah Sebuah Dosa

Cawan WP: Feby Afifah Salfitri
2,415
Sumber foto: kampunginggris.co

WAWASAN PROKLAMATOR,- Manusia dilahirkan dengan sifat yang berbeda-beda, jadi respon yang muncul jika ada permasalahan pun akan berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah manusia yang hobi memendam masalahnya sendiri tanpa ingin membagi dengan orang lain, karena menganggap dirinya akan membebani orang lain. Menurut saya ini adalah satu langkah sengaja untuk menuju stres, karena sudah tahu hal tersebut di luar batas diri kita untuk menyimpannya sendiri kenapa tidak memilih berbagi dengan orang lain?

Biasanya, orang-orang seperti ini merasa segan untuk melibatkan orang lain ke dalam masalanya, tetapi ketika ia menyimpan masalahnya sendiri apakah masalah itu selesai? yang banyak terjadi adalah tidak. Jadi, mereka yang memilih seperti ini akan mengalami banyak kerugian karena akan merasa sesak dalam menanggung beban sendiri dan sudah susah menyimpan sendiri, pun masalahnya tidak kunjung selesai.

Manusia itu diciptakan sebagai makhluk sosial oleh Tuhan, artinya kita diciptakan saling membutuhkan untuk tolong menolong dan bahu membahu dalam masalah kehidupan. Lantas kenapa memilih memendam sendiri, sementara Tuhan menciptakan banyak manusia di bumi untuk saling tolong menolong karena tidak bisa hidup sendiri? Mungkin mereka akan menjawab, belum tentu orang lain akan mendengarkan, nah apakah sudah mencoba untuk bercerita? Ketakutan-ketakutan seperti itulah yang membuat mereka tersendat untuk berbicara.

Jangan berpikir hidupmu adalah milikmu sendiri, orang-orang yang menyayangimu juga memiliki hidupmu, karena apa? Mereka pasti tidak ingin orang yang disayanginya menderita sendiri, maka dari itu berbagilah. Mulai dari sekarang hilangkanlah ketakutan untuk bercerita dengan orang lain, karena Tuhan juga menyuruh manusia untuk menyelamatkan hidupnya sendiri, jadi jangan susah payah berupaya menyiksa diri sendiri untuk memendamnya sendiri.

Jika tidak ingin membuat orang di sekitarmu kecewa maka ceritakanlah pada mereka, karena orang yang menyayangi kita tidak ingin ketinggalan satu part pun dalam kehidupanmu. Maka dari itu berbagilah, karena berbagi bukanlah sebuah dosa.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Jejak Setapak
Mengenal Basic Skincare

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Jejak Setapak
Mengenal Basic Skincare
Menu