Tips Membuat Puisi yang Baik dan Benar

Cawan WP: Enjela Julia Putri
379

WAWASAN PROKLAMATOR,- Zaman sekarang ini banyak sekali yang sangat berminat untuk membuat puisi, tetapi mereka pada tidak tahu bagaimana cara menulis puisi dengan baik dan benar. Maka dari itu, inilah tips dan cara membuat puisi yang baik dan benar untuk semua kalangan yang ingin menbuat puisi.

  1. Tentukan tema dan judul puisi
    Sebelum memulai untuk menulis puisi, kita harus mengetahui tema apa yang cocok untuk puisi yang akan dibuat, contohnya puisi yang bertema romansa. Kalau seandainya kalian ingin mengambil tema romansa maka judul puisi yang akan kalian buat harus berhubungan romansa juga, pastikan juga judul puisi yang dibuat tidak mengandung banyak kata dan hanya terdiri dari kata yang jelas dan padat.
  2. Rangkai puisi dengan diksi dan rima yang tepat
    Mulailah dengan merangkai kalimat dengan pilihan kata yang indah dan tepat, kalau kalian tidak mengetahui pilihan diksi yang tepat maka kalian dapat mencarinya di internet dan catatlah diksi yang akan digunakan lalu mulailah merangkai kata dalam puisi. Setelah itu, kamu juga harus menentukan rima yang tepat
  3. Memakai majas sesuai tema puisi yang dibuat
    Jika sudah menentukan diksi dan rima yang tepat kamu setelah itu kamu harus memasukkan unsur majas dalam puisi tersebut. Kegunaan majas ialah untuk membuat puisi semakin indah di baca dan memiliki makna mendalam yang hanya bisa diketahui oleh para penciptanya.
  4. Tentukan bait yang akan digunakan
    Umumnya kalian bisa menentukan bait puisi sebanyak 2 bait, 4 bait, atau juga bisa lebih dari itu, namun kebanyakan orang selalu menggunakan 4 bait. Dengan menentukan bait, maka puisi yang akan dibuat akan terlihat menarik dan indah.
  5. Gunakan imajinasi untuk mengembangkan puisi
    Imajinasi dalam membuat puisi sangat di perlukan agar puisi semakin bagus dan menarik untuk dibaca. Cobalah untuk menulis puisi disertai dengan gambaran imajinasi yang luas setiap kata demi kata yang akan kamu buat harus memiliki gambaran yang akan disampaikan kepada para pembaca.

Itulah tips tips dari saya untuk kalian yang akan membuat puisi yang baik dan benar.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Silfina Rahmayuni Wakili FKIP Jadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta
Tips Membangun Rasa Percaya Diri

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Silfina Rahmayuni Wakili FKIP Jadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Bung Hatta
Tips Membangun Rasa Percaya Diri
Menu