Universitas Bung Hatta Gelar Pembekalan KKN-PPM(T), Persiapan untuk Mengabdi pada Masyarakat

Cawan WP: Feby Afifah Salfitri
454

WAWASAN PROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Tematik (KKN-PPM(T)) untuk pemberian materi kepada mahasiswa sebelum turun ke lapangan. Acara ini berlangsung di Balairung Caraka, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu, (25/06/2022).

Pembekalan ini dibuka oleh Wakil Rektor (WR) I, Prof. Dr. Hendra Suherman. Turut hadir ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta, Dr. Azrita, koordinator kabupaten, dan para dosen pembimbing lapangan.

Peserta KKN dipersiapkan untuk mampu menerapkan disiplin ilmu sesuai dengan background keilmuannya serta bekerja lintas keilmuan dalam mencari solusi atas permasalahan tersebut. Pembekalan kali ini diperuntukkan wilayah KKN-PPM(T) Kabupaten Tanah Datar dan Agam. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jendral KKN-PPM(T), Purbo Jadmiko, M.Sc. Beliau turut menyampaikan materi tentang Kesehatan Keselamatan Kerja bagi mahasiswa yang akan mengabdi pada masyarakat.

Purbo, menuturkan, menjelang pelaksanaan KKN akan ada perwakilan dari setiap daerah diamanahkan untuk pergi meninjau langsung ke lapangan. Mahasiswa tidak perlu risau jika kesehatannya dalam kondisi tidak stabil ketika melaksanakan Program Kerja (Proker), karena pihak KKN menyediakan asuransi. Untuk kecelakaan, tidak disediakan asuransi, tetapi dilakukan tindakan preventif yaitu peserta KKN tidak direkomendasikan membawa kendaraan.

“Nanti setiap daerah akan ada delegasi untuk melihat kondisi langsung ke tempat KKN. Cara mengurangi risiko ketika ketika di lapangan yaitu dengan penyediaan asuransi kesehatan,” tuturnya.

Salah satu peserta pembekalan KKN, Muhammad Huda Teguh Saifuddin dari Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum angkatan 2019, berharap, ketika KKN nanti tidak ada gangguan yang menghambat kegiatan di lapangan. Ia mengharapkan kekompakan secara berkelompok dapat terjaga ketika melakukan proker yang telah ditetapkan. Tak lupa, ia juga berkesan tentang penyampaian materi karena pemateri menyampaikan dengan cukup menghibur sehingga informasi yang diberikan bisa ditangkap dengan baik.

“Harapannya dalam pelaksaan KKN bisa terjalankan dengan lancar serta bisa menjalin kekompakan dengan rekan-rekan satu kelompok. Penyampaian materi pembekalan sangat menarik karena dikemas dengan cara yang cukup menghibur,” jelasnya.

Senada dengan Teguh, Lia Wahyuni dari Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2019, berharap, ketika KKN nanti bisa berjalan dengan lancar dan usulan-usulan yang disampaikan dosen tadi bisa terlaksana dengan baik. Menurutnya, hendaknya dalam pengerjaan laporan tidak terdapat kendala serta dapat rukun dengan masyarakat sekitar dan kompak menjalani proker bersama rekan sekelompok.

“Masukan yang diberikan pemateri tadi semoga bisa terjalankan dengan baik agar bisa membuat laporan dengan lancar. Materi yang disampaikan mudah dipahami karena suasana pembekalan tadi berjalan kondusif,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Tanggapan Mahasiswa Soal KKN-PPM(T) yang Kembali Digelar secara Luring
Musyawarah Masyarakat Mahasiswa FIB Lahirkan PJS BEMM dan Ketua Umum DPMM Terpilih

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Tanggapan Mahasiswa Soal KKN-PPM(T) yang Kembali Digelar secara Luring
Musyawarah Masyarakat Mahasiswa FIB Lahirkan PJS BEMM dan Ketua Umum DPMM Terpilih
Menu