76 Atlet Universitas Bung Hatta Siap Bertanding Sportif dalam POMPROV Sumatera Barat

Fidi WP
499

WAWASAN PROKLAMATOR,- Sebanyak 76 atlet dari Universitas Bung Hatta resmi dilepas untuk berlaga di Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV) Sumatera Barat (Sumbar). Pelepasan atlet ini berlangsung di Aula Balairung Caraka, Gedung B, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (03/06/2022).

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga Proklamator menjadi pelopor untuk atlet yang akan berlaga (Sumbar) 2022. Mulai dari proses awal penyeleksian atlet hingga bisa siap untuk bertanding pada 06 sampai 12 Juni 2022. Sebanyak 8 Cabang Olahraga (Cabor) diikuti oleh atlet Universitas Bung Hatta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) III , Dr. Hidayat, Kepala Bagian (Kabag) Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Suamperi, M.H., Pembina UKM Olahraga Proklamator, Apriyanti Rahmalia, M.Pd.

Jefri Riswar, Ketua Umum UKM Olahraga Proklamator, mengungkapkan, proses perekrutan atlet dimulai dari seleksi berkas, dimana panitia hanya menyeleksi olahragawan yang sudah pernah mengikuti berbagai pertandingan yang dibuktikan dengan sertifikat. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya biaya untuk pembinaan atlet dan pelatih.

“Penyeleksian atlet hanya untuk yang memiliki pengalaman mumpuni di bidangnya masing-masing dan tak sedikit dari mereka telah menoreh prestasi. Hal ini kami lakukan karena minimnya biaya pembinaan atlet serta pelatih,” akunya.

Ia berharap, partisipasi para atlet bisa memperkaya pengalaman ketika bertanding. Menurutnya, jika hanya berlatih tanpa mengikuti pertandingan, itu hal yang sia-sia saja.

“Semoga POMPROV ini bisa menambah pengalaman atlet saat bertanding. Di samping memenangkan kompetisi, bisa mengetahui sejauh mana hasil dari latihan yang sudah dilakukan,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Apriyanti mengatakan, POMPROV merupakan pertandingan multi yang bersifat berjenjang. Ia berharap, meskipun akan bertanding harus tetap berlatih dan bisa menjadi pelopor untuk generasi selanjutnya.

“Perheletan ini banyak cabor yang dilombakan dan bertahap, mulai dari daerah hingga nasional. Diharapkan kepada atlet bisa menjadi pionir dan suri tauladan untuk angkatan berikutnya,” imbuhnya.

Suamperi menyampaikan, atlet yang turun untuk berlaga harus menjunjung tinggi sportivitas dan raih prestasi setinggi-tingginya. Ia turut berpesan, jangan pernah cepat  merasa puas terhadap sesuatu, karena dibutuhkan usaha yang keras dan berpedoman pada aturan yang sudah dirancang.

“Atlet wajib menjunjung tinggi sportivitas, toreh prestasi sebaik mungkin. Tetap berusaha semaksimal mungkin dan jadikan aturan yang sudah dirancang sebagai acuan dalam bertanding,” pesannya.

Dalam sambutannya, Hidayat berpesan, ketika bertarung, perhatikan dan pahami tata tertib yang sudah dibuat. Ia mengingatkan, saat bertarung nanti harus suportif, tidak bermain kasar sehingga tak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Perhatikan aturan tata tertib. Boleh berkompetisi namun jangan berniat untuk mencelakai karena kita sudah membawa nama Sang Proklamator. Tetap berkepala dingin, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pertandingan,” paparnya.

Salah satu atlet yang akan bertarung saat POMPROV nanti, Nico Febrio Jhonly dari Cabor Bela Diri Karate mengaku senang karena bisa mewakili Universitas Bung Hatta dalam ajang ini. Ia mengatakan, karena sudah berlatih di dojo tempat biasa mengembangkan dirinya, yakin bisa menang dan melanjutkan ke pertandingan selanjutnya, Pekan Olahraga Nasional (POMNAS).

“Senang sekali karena bisa menjadi delegasi kampus untuk cabor yang saya tekuni. Semoga saya bisa melaju ke pertandingan selanjutnya dan bisa mengharumkan nama baik Universitas Bung Hatta dan saya pribadi,” imbuhnya.

Senada dengan Nico, Dzikra Aulia Ramadhani, atlet dari cabor bela diri pencak silat mengungkapkan, ia merasa semangat karena terpilih jadi delegasi kampus untuk cabor yang ia geluti. Ia dengan mandiri melakukan latihan setiap hari selama dua bulan belakangan dan berharap usahanya selama ini akan membuahkan hasil.

“Semangat untuk bertanding melawan kampus lain. Meskipun merasa grogi, saya yakin usaha saya selama ini bisa memberikan kabar baik untuk Universitas Bung Hatta,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Regenerasi Kepemimpinan, Pengurus UKM Olahraga Proklamator Siap Lengser
Kepengurusan Periode 2021/2022 Segera Berakhir, UKM Diving Proklamator Adakan Mubes

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Regenerasi Kepemimpinan, Pengurus UKM Olahraga Proklamator Siap Lengser
Kepengurusan Periode 2021/2022 Segera Berakhir, UKM Diving Proklamator Adakan Mubes
Menu