Halalbihalal, Tradisi Tahunan Civitas Academica Universitas Bung Hatta untuk Tingkatkan Silaturahmi

Cawan WP : Ayu Wulandari
265
Halal bi halal
Halal bi halal

WAWASAN PROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta adakan Halalbihalal 1443 Hijriah dengan mengusung tema Jadikan Spirit Idul Fitri sebagai Momentum untuk Memperkuat Tali Silaturahmi dan Meningkatkan Semangat Kebersamaan dalam Mewujudkan Kampus Unggul. Acara ini berlangsung di Masjid Nurjanah Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin (09/05/2022).

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni S.E, M.B.A, Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta (YPBH), H. Masril Hasyar S.H, Ustad  Harwan Kasri S.Pd, dosen dan tenaga pendidik, staf, serta karyawan Universitas Bung Hatta.

Tafdil, menjelaskan, inti dari acara ini adalah untuk saling memaafkan dengan penuh kasih.  Kegiatan ini menjadi ajang berkumpul dan berjabat tangan untuk saling bermaaf-maafan.

“Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh universitas untuk saling bermaaf-maafan antar sesama umat manusia. Berkumpul dan bertemu sapa juga saling berjabat tangan untuk bermaaf-maafan,” jelasnya.

Masril mengungkapkan, harapan untuk tahun berikutnya Halalbihalal bisa diadakan juga di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta. Saat ini pembangunan masjid di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta tengah berlangsung dan sudah ada perubahan dari tahun sebelumnya.

“Semoga tahun yang akan datang kegiatan ini juga dapat kita laksanakan di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta di masjid yang sedang berlangsung pembangunannya. Semoga Allah SWT mempermudah semua hal baik yang kita lakukan,” ungkapnya.

Harwan dalam tausiahnya memaparkan, dalam Quran Surah (QS) An-Nisa ayat 36 yang artinya, “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan jauh, teman sejawat, Ibnu Sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Hablum minaannas adalah konsep manusia menjalin hubungan yang baik sesama mereka. Umat manusia diperintahkan untuk berbuat baik antar sesama,” paparnya.

Dekan Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan (FKIP), Drs. Khairul M.Se yang menghadiri Halalbihalal, menjelaskan, acara ini sangat memberikan dampak positif. Kegiatan ini juga merupakan rutinitas atau agenda tahunan Universitas Bung Hatta dengan tujuan mempererat tali silaturahmi.

“Kegiatan ini sangat berdampak positif bagi dosen, staf, dan karyawan Universitas Bung Hatta. Acara ini adalah agenda tahunan untuk mempererat hubungan tali silaturahmi,” jelasnya.

Senada dengan Khairul, Dra. Irma, M.Hum, Dosen Program Studi (Prodi) Sastra Jepang memaparkan, Halalbihalal ini selalu diadakan kampus setiap mengawali perkuliahan pasca Ramadan.  Acara ini membuat semua dosen, staf, dan karyawan berkumpul untuk saling bermaaf-maafan.

“Kegiatan Halalbihalal selalu diadakan universitas sebelum memulai perkulihan setelah Ramadan. Ketika acara ini berlangsung, merupakan suatu kesempatan untuk saling bermaaf-maafan satu dengan yang lain,” tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

577 Wisudawan Resmi Dikukuhkan pada Wisuda Akademik ke-77
UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Gelar Buka Bersama Panti Asuhan Nur Ilahi

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

577 Wisudawan Resmi Dikukuhkan pada Wisuda Akademik ke-77
UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Gelar Buka Bersama Panti Asuhan Nur Ilahi
Menu