Cawan UKM-Medika Ikuti PJTD Untuk Tahapan Jadi Anggota Tetap

Feby Afifah Salfitri
146

WAWASAN PROKLAMATOR,- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Media Suara Kampus (Medika) mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) untuk Calon Wartawan (Cawan) 2021/2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung D lantai II, Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Sumatera Barat (UPGRISBA), Sabtu (09/04/2022).

Pelatihan ini dihadiri Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Medika, Putri Meliza Sari, M.E, perwakilan lembaga seligkup UPGRISBA dan LPM se-Kota Padang. Mengusung tema  Bangkitkan Semangat Jurnalis Muda Kreatif, Inovatif dan Perspektif di Era Digital. Selain itu, acara ini turut dihadiri oleh Fitra Hadi Handoko, yang memberikan materi Dasar-Dasar Jurnalistik dan Handes Setiawan, menyampaikan seputar Desain Grafis.

Putri, Ketua Pelaksana (KP) memaparkan, agenda ini sudah dipersiapkan sejak Februari dengan  total rapat tiga kali. Rapat pertama pada 15 Februari membahas struktur kepanitiaan, kemudian di bulan yang sama tanggal 25 menentukan tema PJTD, dan terakhir untuk pematangan persiapan acara.

“Persiapan PJTD sudah direncanakan sejak Februari. Perancangan program rampung dengan tiga kali rapat,“ paparnya.

Pimpinan Umum UKM-Medika, Pebri Wilyanto juga mengatakan, PJTD adalah Program Kerja (Proker) wajib bagi Kru Medika. Pelatihan ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti cawan supaya lulus menjadi Kru Medika.

“PJTD hadir sebagai proker wajib bagi kru.  Selain itu, kegiatan ini sebagai syarat lulus cawan untuk menjadi Kru Medika,“ ujarnya.

Senada dengan Pebri, Putri Meliza, menuturkan, program ini adalah agenda rutin UKM-Medika untuk merekrut anggota baru. Sesudah pelatihan ini, cawan resmi diangkat menjadi anggota UKM Medika.

“PJTD rutin dilaksanakan ketika merekrut anggota baru. Selepas pelatihan ini cawan sah menjadi Kru Medika, “ tuturnya.

Salah satu peserta PJTD UKM Medika, Ma’ruf Zhaqi Akmal Hidayat menyampaikan, dengan adanya PJTD ini bisa melatih kepenulisannya, agar memberitakan sesuatu dengan kalimat yang sopan. Ia berharap, setelah dilantik nanti para cawan bisa menulis berita dengan akurat.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk melatih kepenulisan. Di samping itu, kegiatan ini bertujuan agar cawan bisa membuat berita dengan akurat, “ ucapnya.

Sejalan dengan Zhaqi, May Dwi Astuti, mengutarakan, materi yang diberikan menarik. Kedepannya, ia berharap, para cawan bisa menjadi wartawan yang baik kepenulisannya.

“Materi yang dipaparkan sangat berguna bagi kami setelah dilantik nanti. Agar menjadi wartawan yang baik kepenulisannya,“ tutupnya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Tingkatkan Persaudaraan yang Dinamis, BEMM-FKIP Adakan Buka Bersama
Prodi TRET Resmi Launching, Siap Terima Mahasiswa Baru 2022/2023

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Tingkatkan Persaudaraan yang Dinamis, BEMM-FKIP Adakan Buka Bersama
Prodi TRET Resmi Launching, Siap Terima Mahasiswa Baru 2022/2023
Menu