Wawasan Proklamator Masa New Media

Menuju New Media

Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Bung Hatta No 1 Tahun 2008 dijelaskan, bahwa UKM WePe terdapat kesetaraan secara oraganisasi dengan BEMU/DPMU yang memliki hubungan koordinatif dan konsultatif antara satu sama lainnya. 

Periode kepengurusan WePe pada 2010/2011 dipimpin oleh Ridho Iponi Nugraha berdasarkan SK Rektor No:5822/SK-2/KP/X-2010 yang beranggotakan 11 pengurus.

Namun berjalannya waktu satu per satu mulai mengundurkan diri dan bertahan 4 pengurus yaitu  Ridho Iponi Nugraha (Ketua Umum), Putri Pertiwi (Sekretaris), Septy Handayani (Pimpinan Redaksi) dan Bayu Haryanto (Redaktur). WePe membuka pendaftaran anggota baru dan berhasil menjaring 13 orang sehingga anggota WP berjumlah 17 orang. 

Pada massa kepengurusan Ridho dkk WP mulai menunjukan eksistensinya dengan aktif memberitakan dan ikut kegiatan di luar kampus. Meski hanya sekali menerbitkan Tabloid pada edisi ke-26 tahun 13/Januari-Maret 2011 yang mengangkat masalah "Waspada Bencana" terkait bencana alam yang silih berganti datang mengguncang pulau Sumatra khususnya Sumatra Barat.

WePe sejak awal berdiri hingga tahun 2011 berhasil menerbitkan 26 edisi Tabloid. Tidak hanya melalui Tablodi, WePe terus memberitakan kabar kampus pada 2011 melalui catatan di jejaring sosial Facebook Wawasan Prolamator, media online remaja inioke.com dan website induk kampus.

WePe turut aktif dalam kegiatan Gebyar Pers Mahasiswa Sumatra Barat  pada 23-25 Maret 2011 dan menjadi salah satu inisiator dari 9 perkumpulan Lembaga Pers Mahsiswa (LPM) di Sumatra Barat yang dinamakan dnegan Asosiasi Pers Mahasiswa Sumatra Barat (ASPEM SUMBAR) dengan mengutus 3 anggota WP untuk menjadi pengurus yaitu Ridho Iponi Nugrah, Bayu Haryanto dan Muhammad Adil.

Semenjak kegiatan Workshop Jurnalistik dan Bazar, kepengurusan WePe yang ada berusaha mengajukan proposal ke Rektorat untuk pembuatan website. Menginggat selama ini WePe jarang terbit, itu pun terkendala oleh pendanaan percetakan tabloid.

Maka bermula dari itu Ridho Iponi Nugraha dan Bayu Haryanto berupaya trus untuk menego Rektorat agar dapat menerima proposal yang WePe ajukan. Akhirnya berkat semangat dan kerja keras serta melihat perkembangan dan kinerja kepengurusan WePe saat ini, Rektorat dalam hal ini Wakil Rektor III Dra.Susi Herawati, M.Pd menyetujui untuk pembuatan website sehingga dana pun dapat tarun. 

Sejak bulan Juli hingga September 2011 pengerjaan pembuatan website terus dilakukan. Akhirnya WePe berhasil memiliki media online yang benama wawasanproklamator.com. Website ini di design secara manual Bayu Haryanto dan Poses pembuatannya ditangani Ridho Iponi Nugraha yang rampung dan digunakan pada awal bulan Oktober 2011.

Pada tanggal 15 Oktober 2011 WePe mengelar Musyawarah Besar (MUBES) sehingga terpilihlah Fitrah Mardhatillah Husna sebagai Pimpinan Umum wanita pertama WePe pada periode 2011/2012. Pengurus WP yang tersisa hanya 12 orang kemudian saat pembukaan anggota baru bertambah menjadi 13 orang dan totalnya 25 orang.

Dikepengurusannya WePe terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi meski dengan pengurus yang minim. WP mengikuti berbagai kegiatan di bidang jurnalsitik seperti Pelatihan Jurnalistik Nasional Tingkat Lanjut yang diadakan Universitas Andalas di Bukittinggi pada 21-26 November 2011 . Selain itu, WP juga terlah mengisi halaman kampus di Koran Harian Padang Ekspres.

Per Januari 2012 WePe memiliki peringkat global # 488.282 yang menempatkan dirinya di antara 500.000 situs paling populer di seluruh dunia. Website WePe juga peringkatnya telah stabil dengan tidak ada variasi yang relevan selama 3 bulan terakhir. 

Website WePe diluncurkan pada 27 September 2011 dan dalam usia 3 bulan dapat mencapai sekitar 29.310 pengguna dan memberikan sekitar 64.500 tampilan halaman setiap bulan. Website WePe juga terdaftar di Dmoz. (sumber: http://www.statshow.com/wawasanproklamator.com)

Ubay WP

WawasanProklamator.comJauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar