Thursday, August 05, 2021
UKM-Wawasan Proklamator Adakan Terobosan Baru Pada Perekrutan Calon Anggota 2020

UKM-Wawasan Proklamator Adakan Terobosan Baru Pada Perekrutan Calon Anggota 2020



WAWASAN PROKLAMATOR,- Kemajuan teknologi dan perubahan yang ada selama wabah pandemi memicu kreativitas mahasiswa dalam menggerakkan roda organisasi agar tetap berjalan sesuai program yang telah direncanakan. Situasi saat ini tentunya tidak menghalangi kinerja pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Wawasan Proklamator (UKM-WP) dalam melaksanakan perekrutan Calon Anggota (Caang) Wawasan Proklamator Tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui via Zoom virtual, Sabtu (12/12/2020).

Adapun bentuk kegiatan tahap awal yang diikuti oleh Caang yaitu perkenalan diri melalui grup WhatsApp dan selanjutnya diadakan tahap wawancara (interview) tiap-tiap Caang secara bergantian. Secara umum, kegiatan ini masih sama seperti hal nya pada tahun-tahun sebelumnya, hanya saja secara teknis yang membedakan pelaksanaan kali ini yaitu secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Pada tahap ini Caang yang telah melakukan pendaftaran akan dibagi menjadi tiga kloter, dimana tiap kloter terdiri dari 5-6 orang dan memiliki jadwal wawancara yang berbeda-beda. Saat wawancara berlangsung Caang yang belum mendapat giliran tidak diperbolehkan join ke dalam Zoom, sewaktu sesi wawancara hanya ada penanya dan beberapa pengurus serta Caang yang bersangkutan.

Untuk kloter pertama pada tahap wawancara diikuti oleh 6 orang Caang dari jurusan dan angkatan yang bervariasi.

Cici Aulia Darma, salah satu Caang Wawasan Proklamator yang hadir dari awal kegiatan sampai akhir menyampaikan kesan dan pesannya pada pertemuan pertama ini.

"Jika kegiatan ini dilaksanakan secara langsung lebih dapat feel nya karena bisa bertemu tatap muka dengan abang, kakak dan teman-teman. Secanggih apapun teknologi, tak bisa kita pungkiri bahwa tatap muka merupakan komunikasi yang paling efektif. Namun, pada saat pandemi seperti saat ini memang tidak ada pilihan lain selain memanfaatkan teknologi untuk melaksanakan kegiatan," ungkapnya.

Cici juga memaparkan kendala yang dihadapinya saat mengikuti proses wawancara.

"Koneksi jaringan yang tidak stabil, sehingga komunikasi satu sama lainnya dalam kegiatan ini sedikit terganggu. Harapan saya semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita semua dapat bertemu secara langsung," papar Cici.

Calon Anggota Wawasan Proklamator lainnya, yaitu Fidiah Elfi juga menuturkan hal yang berkaitan mengenai kegiatan hari ini.

"Walaupun diawal sedikit gugup,  tetapi pada saat wawancara cukup santai, sebab pertanyaan yang diajukan memang seputar UKM-WP. Dengan pembawaan yang seru dari kakak-kakak, saya juga bisa menyesuaikan diri dengan baik selama kegiatan berlangsung. Harapan kedepannya semoga secepatnya kita bisa berkumpul, serta dapat bertukar pikiran mengenai dunia jurnalistik," tutur Fidiah.

Senada dengan Caang lainnya, Pandu Sahalamjuga menyampaikan kesan dan pesannya pada pertemuan kali ini.

"Saya merasa sedikit canggung pada saat sesi tanya jawab, terlebih saya juga belum memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam bidang pers. Hanya saja dengan kemampuan menulis dan membaca serta niat yang serius menjadi modal utama saya untuk bergabung dengan UKM WP," pungkas Pandu.

Pandu menambahkan, ia mengatakan kegiatan yang berlangsung cukup efektif, mengingat sekarang semua lini kegiatan dilakukan secara daring. 

"Wawancara daring ini tidak se-efektif wawancara secara langsung. Harapan kedepannya kegiatan dapat dilaksanakan secara tatap muka, sehingga ilmu yang diperoleh dapat dipahami dengan baik," tutup Pandu.

Setelah kegiatan wawancara, masing-masing Caang akan mengikuti ujian tertulis dengan membuat karya tulis sebagai tahapan selanjutnya dalam perekrutan anggota baru.


Dita WP

WawasanProklamator.com  Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai