BUNG HATTA MUDA

Mahasiswa Universitas Bung Hatta  Terpilih Menjadi Duta Genre Inspirator Putri Kota Padang 2020

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Terpilih Menjadi Duta Genre Inspirator Putri Kota Padang 2020

Minggu, 23 Februari 2020

WAWASAN PROKLAMATOR,- Riri Agusti Muchtar mahasiswi dari Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2019...

MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA MASUK 15 BESAR FINALIS DUTA PDAM KOTA PADANG 2019

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masuk 15 Besar Finalis Duta PDAM Kota Padang 2019

Minggu, 29 Desember 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Leonardus Gunawan mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan...

Mahasiswa FEB Sabet Juara III dalam Turnamen Catur

Mahasiswa FEB Sabet Juara III dalam Turnamen Catur

Senin, 23 Desember 2019

WAWASAN PROKLAMATOR,- Yubilio Zuli mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2018 peroleh juara ke-3 dalam...

FEATURE

Jumat, 05 Juni 2020

Dila WP

Lebaran Ditengah Pandemi COVID-19

foto thumbnailWAWASAN PROKLAMATOR,- Tepat satu minggu lalu takbir menggema diseluruh penjuru negeri, seluruh umat muslim di dunia termasuk Indonesia menuju hari...

Tetap Berkarya Di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Universitas Bung Hatta Gencarkan Program Cegah Covid-19

Sabtu, 12 September 2020 | 06:14:15 WIB Share
Tetap Berkarya Di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Universitas Bung Hatta Gencarkan Program Cegah Covid-19

WAWASAN PROKLAMATOR,- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bung Hatta pada tahun 2020 dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dengan mengambil jenis KKN Tematik Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini mengusung tema "Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Pandemi COVID-19 di tengah Masyarakat" disingkat dengan KKN TPB COVID-19, Jumat (11/09/20).

Pelaksanaan KKN secara substansi tidak berubah, kegiatan ini yang semula dilaksanakan dengan membaur bersama masyarakat dan dijalankan secara berkelompok, sekarang dilakukan secara daring dan individu/mandiri di tempat tinggal masing-masing. Kalaupun mahasiswa bekerja berkelompok, harus tetap dalam fasilitas virtual demi menghindari risiko terpapar COVID-19.

Hamyar, Wali Nagari Sungayang menyambut dengan baik mahasiswa KKN TPB COVID-19 Universitas Bung Hatta, serta memberikan fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa sebagai penunjang pelaksanaan program KKN.


"Dengan adanya program-program kerja dari mahasiswa KKN Universitas Bung Hatta, kami berharap langkah-langkah yang dilakukan dapat memberikan pengaruh besar kepada masyarakat. Walaupun semua program dilaksanakan secara daring, tak menutup kemungkinan tetap memberikan kebebasan bagi mahasiswa KKN untuk bisa ikut membantu kegiatan-kegiatan nagari sebagai upaya mencegah wabah pandemi menyebar di lingkungan masyarakat," ungkap Hamyar.

Perangkat nagari menerima produk dari program kerja mahasiswa baik berupa banner edukasi terkait COVID-19, yang diletakkan di depan pintu kantor wali nagari Sungayang.

"Tentunya saya berharap produk dari mahasiswa KKN dapat bermanfaat dan menyadarkan masyarakat terkait pentingnya langkah-langkah mengantisipasi penyebaran virus untuk saat ini dan di masa yang akan datang," tutupnya.

Yodi, salah satu masyarakat di Nagari Sungayang juga mengatakan bagaimana kontribusi mahasiswa terhadap masyarakat selama pelaksanaan program KKN.

"Mahasiswa KKN TPB COVID-19 Universitas Bung Hatta menjalankan program KKN yang bermanfaat bagi masyarakat dengan strategi mencegah penyebaran wabah COVID-19 di Nagari Sungayang. Seperti dengan adanya program KKN daring yang disebarkan melalui media sosial sehingga dapat diketahui oleh masyarakat, dan juga kegiatan luar jaringan seperti penempelan poster di tempat-tempat yang sering dilalui dan juga bagi-bagi masker kepada masyarakat," papar Yodi.

Masyarakat pun juga ikut berpartisipasi dalam program-program kerja mahasiswa, dengan adanya kegiatan ini memberikan pengaruh yang cukup positif. Salah satu contohnya yaitu angka kasus COVID-19 di Nagari Sungayang saat ini tidak begitu banyak, ini berarti masyarakat telah menerapkan perilaku-perilaku pencegahan wabah COVID-19.

Nandhita Febrina Exson, mahasiswa jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota angkatan 2018 yang ber-KKN di kampung halamannya, Batusangkar lebih tepatnya berlokasi di Nagari Sungayang, mengungkapkan bentuk program kerja yang telah dilaksanakan selama mengikuti KKN TPB COVID-19.

"Mahasiswa KKN melaksanakan sebanyak 5 program kerja secara daring dan dibagikan ke media sosial. Salah satu program kerja saya yaitu membuat video tentang langkah-langkah pembuatan hand sanitizer dengan bahan alami dari daun sirih, kemudian disebarkan ke media sosial pribadi. Ini bertujuan agar masyarakat tahu bagaimana proses pembuatannya dan dapat mengaplikasikan di rumah. Tidak hanya bentuk program kerja berupa video, juga berupa poster sebagai media sosialisasi terkait pencegahan COVID-19 di lingkungan masyarakat," ungkap Nandhita.

Ia juga memaparkan harapannya untuk kampungnya agar dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 "Semoga kegiatan KKN ini dapat memberikan dampak yang positif serta bermanfaat bagi masyarakat untuk sadar dan lebih mematuhi protokol kesehatan" tutupnya.

 

Dita WP

WawasanProklamator.com  Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar