Thursday, August 05, 2021
Tolak Diskriminatif Agama, Pelita Padang Selenggarakan Diskusi Tentang Toleransi

Tolak Diskriminatif Agama, Pelita Padang Selenggarakan Diskusi Tentang Toleransi



WAWASAN PROKLAMATOR,- Dalam rangka meningkatkan wawasan dan sosial keberagaman, Pemuda Lintas Agama (Pelita) kota Padang selenggarakan diskusi asik soal toleransi, Jumat (12/6/2020) diskusi dilangsungkan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Murnilam Lase merupakan Moderator diskusi menuturkan menurunnya rasa solidaritas antar umat beragama tentang toleransi maupun keberagaman, sehingga perlunya kegiatan diskusi toleransi diadakan, dengan demikian momen ini dapat menjadi peluang untuk merajut keberagaman, dan membangun kemanusiaan yang lebih baik lagi.

Peran semua elemen tentunya sangat berpengaruh besar untuk menjaga dan merawat keberagaman yang ada, mengingat kondisi saat ini yang sulitnya peran lintas agama untuk secara langsung terjun kepada khalayak banyak untuk menebar rasa toleransi terhadap umat beragama dan diharapkan melalui diskusi online bisa tersalurkan dengan baik.

"Kita punya peran menjaga keberagaman, salah satunya dengan diadakannya diskusi ini, diharpkan nantinya bisa saling bertukar fikiran tentang keberagaman di negara ini," sebutnya.

Zaky Farid Luthfi, Dosen Universitas Negeri Padang sekaligus pemantik diskusi mengatakan sangat banyak rentetan diskriminasi terhadapat agama dan sangat sering disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang hanya ingin memperkeruh suasana. Sehingga perlunya penambahan wawasan terhadap masyarakat luas, agar agama hendaknya menjadi sesuatu yang baik, dan tidak terjadi lagi diskriminasi yang mengatasnamakan agama sebagai alat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Banyak permasalahan diskriminasi yang mengatasnamakan agama, hendaknya kita bergandengan dan peran semua kalangan sangat penting untuk mengatasi hal tersebut," ujar Zaky Farid.

Disamping itu Zaky Farid juga mengajak kepada semua masyarkat agar saling menjaga serta meningkatkan toleransi dan memperluas komunikasi dengan sesama umat beragama, mengingat negara indonesia terlahir dengan keberagaman dan bukan atas satu agama.

Partisipan diskusi Aldi Zaldy menambahkan diselenggarakannya diskusi ini menandakan bahwa masyarakat kota padang peduli, dan diharapkan kedepannya bisa membawa perubahan yang sangat positif, tidak hanya itu, ilmu yang didapat hendaknya bisa diimplementasikan dengan baik kepada sesama maupun masyarakat luas.

Leo WP

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai