Anniversary 26th Wawasan Proklamator

Sabtu, 05 Januari 2019 | 03:52:55 WIB Share
Anniversary 26th Wawasan Proklamator

WAWASAN PROKLAMATOR,- Happy Anniversary ke-26 tahun Unit Kegiatan Mahasiswa  Wawasan Proklamator (UKM-WP) Universitas Bung Hatta. Semoga di usia ke-26 tahun ini, UKM-WP dapat menjadi pers mahasiswa yang semakin jaya, berprestasi, dan dapat berperan aktif dalam rangka memajukan Universitas Bung Hatta.

UKM-WP adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik dan merupakan suatu organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan Kampus Proklamator Universitas Bung Hatta yang awal berdiri pada 05 Januari 1993 dimotori Sofryadi Bachyul Jb dan kawan-kawan. UKM-WP menghasilkan karya jurnalistik berupa koran/tabloid yang telah menerbitkan 27 karya cetaknya dari tahun 1993 hingga 2014 lalu, foto jurnalistik, dan liputan video. Pada tahun 1997 tabloid UKM Wawasan Proklamator memperoleh ISSN (Internasional Standard Serial Number) dari LIPI dengan nomor ISSN:1410-3052.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi UKM-WP pada akhir tahun 2011 mempublikasikan hasil karyanya melalui portal berita online dengan alamat www.wawasanproklamator.com yang dimotori Ridho Iponi Nugraha dan Bayu Haryanto.

Untuk memperkuat jaringan di luar kampus, kepengurusan  Wawasan Proklamator tergabung dan menjadi deklarator dalam Asosiasi Pers Mahasiswa Sumatera Barat (Aspem Sumbar) pada 25 Maret 2011. UKM-WP telah melaksanakan MoU dengan Humas Gubernur Sumatera Barat, penggagas dan deklarasi Kampus Anti Radikalisme, dan UKM-WP memiliki usaha yang bernama Wepedia. UKM-WP telah banyak menjalin hubungan silaturahmi dengan jurnalis-jurnalis profesional, mengikuti berbagai pelatihan, dan diskusi kewartawanan hingga menjalin kerjasama dengan Koran Harian Pagi Padang Ekspres. Bahkan UKM-WP telah akrab dengan organisasi profesi kewartawanan seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang.

Dengan menyerukan perjuangan, kebebasan berpikir, idealisme, independensi, berimbangan, keakurasian, dan semangat perubahan untuk mensejahterakan kehidupan bangsa serta turut membangun demokrasi seperti tertuang dalam UUD 1945, Pancasila dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, UKM-WP memiliki filosofi "Berpikir Merdeka, Berorientasi Kerakyatan". UKM-WP berupaya terus rutin mengabarkan berita-berita terhangat, berimbang, akurat yang disajikan secara tajam, dan profesional kepada seluruh masyarakat mahasiswa kampus serta pembaca setia Wawasan Proklamator. UKM-WP berharap untuk terus menjadi pelanjut dan penerus cita-cita Sang Proklamator Bung Hatta, karena pada dasarnya Bung Hatta merupakan seorang jurnalis.

Menulis adalah cara untuk berbicara, suatu cara untuk berkata, dan suatu cara untuk menyapa. Oleh sebab itu, UKM-WP menyapa dan berbicara dengan kata.


REDAKSI

WawasanProklamator.com
Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar