FOTO WP

UKM-Mapala Proklamator Menjadi Tuan Rumah Kegiatan TWKM ke-30

Senin, 22 Oktober 2018 | 17:15:31 WIB Share
UKM-Mapala Proklamator Menjadi Tuan Rumah Kegiatan TWKM ke-30

WAWASAN PROKLAMATOR,-  Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator (UKM-Mapala Proklamator) laksanakan Temu Wicara Dan Kenal Medan (TWKM) yang ke-30 tingkat Perguruan Tinggi se- Indonesia dengan mengusung tema "Integrasi Mahasiswa Pecinta Alam Dalam Menerapkan IPTEK Dan Inovasi Untuk Pelestarian Lingkungan Serta Pemberdayaan Masyarakat" yang bertempat di Aula Kampus Proklamator III, Senin (22/10/2018).

Ketua Pelaksana, Nopri Haslemanto mengatakan ini adalah acara tahunan yang diadakan secara bergantian disetiap UKM-Mapala yang ada di Perguruan Tinggi se- Indonesia dan ini merupakan kesempatan bagi UKM-Mapala Proklamator Universitas Bung Hatta yang menjadi tuan rumah.

"Acara yang dilaksanakan selama satu minggu ini dimulai pada 22-28 Oktober 2018 terbagi menjadi beberapa tempat di Sumatera Barat seperti: Padang untuk kegiatan Temu Wicara (TW), 50 Kota untuk kegiatan Kenal Medan Rock Climbing (RC), Mentawai untuk kegiatan Kenal Medan Lingkungan Hidup (LH), terakhir Solok Selatan untuk kegiatan Kenal Medan Gunung Hutan (GH) dan Kenal Medan Susur Goa (SG)," ungkap Nopri.

Prof. Dr. Azwar Ananda, M.A, Rektor Universitas Bung Hatta mengatakan kegiatan Mapala sangat bermanfaat dan banyak memberi sumbangsih bagi masyarakat luas, namun meski begitu tetap ada saja yang belum mengenal kegiatan Mapala sehingga mereka belum memahami esensi kegiatan Pencinta Alam.

"Mahasiswa Pencinta Alam juga harus menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya, dimana bukan hanya butuh Indeks Prestasi (IP) tinggi, tapi butuh yang memberi kontribusi dan nilai plus bagi sesama," ucap Azwar.

Acara TWKM ini dibuka secara resmi oleh Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan yang diwakilkan kepada Drs. Amral Fery, M.Si yakni Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera mengatakan, TWKM adalah acara perkumpulan bagi para Mapala. Karena disinilah para generasi muda berfikir serta bertindak dengan rasa dan jiwa nasionalis yang mereka punya dalam rasa kepedulian terhadap lingkungan.

"Kepedulian yang tinggi dapat meminimalisirkan kejahatan alam yang ada di bumi kita ini. Kedepannya saya berharap para Mapala bisa mempengaruhi orang dalam menerapkan teknologi dan memberi inovasi untuk pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat tentunya. Salam Lestari!!" harap Amral.

 

(Cawan WP: Yona Libra)

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar