Sukseskan KKN-PPM 2018 , Universitas Bung Hatta Berikan Pembekalan

Minggu, 29 April 2018 | 08:25:27 WIB Share
Sukseskan KKN-PPM 2018 , Universitas Bung Hatta Berikan Pembekalan

WAWASAN PROKLAMATOR,- Demi mempersiapkan dan membekali mahasiswa Universitas Bung Hatta untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang akan dimulai pada bulan Agustus hingga September 2018, Universitas Bung Hatta mengadakan acara pembekalan KKN-PPM bagi mahasiswa yang akan melaksanakannya, Bertempat di Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I, Minggu (29/04/2018)

Indra Khaidir, Ketua KKN-PPM 2018 memaparkan KKN-PPM ini adalah program ke-8 dan diikuti oleh 1237 Mahasiswa Universitas Bung Hatta kemudian didistribusikan pada 41 Nagari dan 6 Kabupaten di Sumatera Barat seperti, Padang Pariaman, Agam, Tanah Datar, Sijunjung, Solok dan Pesisir Selatan. Masing-masing nagarinya diisi oleh 30 Mahasiswa karena itu sudah menjadi ketentuan yang telah disiapkan oleh negara dan kita harus mengikutinya.

"Sesungguhnya KKN-PPM ini adalah latihan pertama bagi Mahasiswa untuk menjadi pemimpin ditengah masyarakat. Kegiatan yang berjumlah empat Sistem Kedit Semester (SKS) ini bertujuan untuk menjadi wadah dalam kreatifitas melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, membangun kebersamaan dalam menjelang akhir studi, memberdayakan masyarakat serta membantu pemerintah dalam memecahkan masalah kompleks pada masyarakat," Lanjutnya.

KKN-PPM ini merupakan program Perkuliahan wajib yang ditempuh bagi mahasiswa yang telah memenuhi jumlah persyaratan Sistem Kedit Semester (SKS) matakuliah untuk KKN dan berinteraksi dengan masyarakat serta dituntut untuk membuat program pokok, program pokok tambahan dan program bantu.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. Abdullah Munzir, M.Sc menjelaskan bahwa setelah dilakukan beberapa pertimbangan maka pembekalan dilakukan selama satu hari penuh dari pagi sampai sore. Pengelolaan KKN-PPM ini dilakukan oleh LPPM beserta jajaran pengelola dengan penuh rasa tanggungjawab dan konsisten.

"Diharapkan Mahasiswa untuk benar-benar memperhatikannya, karena KKN-PPM ini mempunyai bobot empat SKS, jika memperoleh nilai A maka itu bisa mendorong Indeks Prestasi Komulatif (IPK) menjadi tinggi begitu juga sebaliknya. Apabila mahasiswa KKN-PPM ini telah diterjunkan ke tengah masyarakat maka diharapkan untuk tetap menjunjung nilai-nilai tata krama dan etika," Ujarnya.

Rektor Universitas Bung Hatta Dr. Azwar Ananda, menyampaikan sedikit arahan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN-PPM pada bulan Agustus selama satu bulan penuh. KKN-PPM ini merupakan matakuliah dan tidak lupa untuk promosi kampus kepada seluruh masyarakat bahwa Universitas Bung Hatta merupakan Universitas terbaik di Kopertis Wilayah X dan Pulau Sumatera. Rangking 71 tingkat Nasional dari 5000 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia, "Semoga kegiatan KKN-PPM tahun ini berjalan dengan baik nantinya." Terangnya.

 

TIWI WP

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar