Martalius Peli : Dana Perencanaan Pembangunan Masjid Banoeidah di Kampus Proklamator II Mencapai 6,5 Miliar

Senin, 16 April 2018 | 13:13:26 WIB Share
Martalius Peli : Perencanaan Pembangunan Masjid Banoeidah di Kampus Proklamator II Mencapai 6,5 Miliar

Peletakan batu pertama oleh keluarga Banoeidah. foto :Hayenita Oktavia (HAYE WP)

Wawasan proklamator,- Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Banoeidah di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta diikuti oleh Keluarga Besar Civitas Akademika Universitas Bung Hatta, keluarga Banoeidah, tokoh masyarakat Aie Pacah, perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia  Kota Padang, dan tamu undangan berjalan  dengan khidmat, di Kampus Proklamator II, Aie Pacah, Padang, Senin (16/04/2018).

Ketua Pelaksana Pembangunan Masjid Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Dr. Martalius Peli, S.T., M.Sc., mengatakan bangunan ini diberi nama Banoeidah melalui keluarga Banoeidah. Sesuai dengan masterplane, pembangunan Masjid Banoeidah di Kampus Proklamator II, lahan yang diperuntunkan untuk masjid ini adalah 6000 meter persegi, terdiri dari menara, parkiran, taman serta kolam yang berfungsi untuk penampungan banjir. Sementara fasilitas masjid yang disediakan seluas 2500 meter persegi, yang terdiri dari bangunan masjid seluas 740 meter persegi. WC dan  tempat duduk pria seluas 52 meter persegi, WC dan tempat duduk  wanita seluas 52 meter persegi, ruangan garin 15 meter persegi dan gudang 15 meter persegi. Rencana pembangunan masjid secara keseluruhan membutuhkan biaya lebih kurang 6, 5 miliar dan pelaksanaannya dilakukan bertahap.

"Tahap sekarang, tahap awal ini yang akan meletakan batu pertama yang diperkirakan mengabiskan dana lebih kurang 4 miliar. Pembangunan masjid dapat digunakan sementara fungsinya berupa bangunan yang bisa digunakan secara fungsi tetapi untuk finishing  kita lakukan di tahap kedua. Tahap kedua diperkirakan dana akan tersedot lebih kurang 2,5 miliar. Sementra di tahap ketiga sesuai masterplane kita meyelesaikan juga dengan setimasi biaya 2 miliar yaitu untuk menyelesaian pekerjaan jalan dan menara masjid. Kemudian,  di tahap keempat diperkirakan membutuhkan dana 1,5 miliar dari sesuai perencanan di masterplane yaitu pembangunan taman serta kolam  penampung yang bersifat sebagai kolam dwifungsi,  penampung kolam dan panampung banjir  yang dimanfaatkan untuk kebutuhan masjid," Katanya.

Prof Dr. Azwar Ananda, MA, Rektor Universitas Bung Hatta mengatakan sekarang sedang bergiat-giatnya membangun secara berkelanjutan melengkapi  sarana dan prasarana menuju Universitas yang berstandar  nasional dan mewujudkan visi dan misinya yang unggul, bermatabat dan bertaraf dunia. Salah satu saran yang penting dan saran yang paling ditunggu oleh Civitas Akademika dan Keluarga Besar Universitas Bung Hatta adalah masjid.

"Kami  dari keluarga besar bangga sekali dan berterima kasih kepada keluaraga dari Ibu Banoeidah yang menyumbangkan masjid kepada kampus, mudah-mudahan ini menjadi sedekah  jariah dan bersyukur kepada Allah agar bisa pembangunan ini terwujud dengan semestinya," ungkapnya.

Salah seorang keluarga Banoeidah yang tidak ingin disebutkkan namanya menyampaikan dalam pembangunan ini dipercayakan penuh kepada Universitas Bung Hatta. Melalui dosen, pembangunan ini bisa dalakukan dengan tepat  biaya, waktu dan mutu.

"Tentunya kita berharap secepatnya tahap pertama pembangun ini. hari ini tanggal 16 April dan tanggal 20 April merupakan dies natalis Universitas Bung Hatta, mari kita berdoa pada 20 April 2019 Insha Allah kita sudah bisa sholat bersama. Dan saya berusaha dalam bentuk dan usaha agar perencanaan tersebut itu bisa kita capai. Kita ketahui bahwa Universitas Bung Hatta sudah ada 40.000 alumni mudah-mudahan kita bisa menghimbau alumni bisa membangun tahap itu bisa terlaksana,"katanya.

HAYE WP

Wawasanproklamator.com jauh lebih dekat

 

 

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar