FOTO WP

Penguatan Profesionalisme Pendidik Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Milenial

Sabtu, 24 Maret 2018 | 13:55:44 WIB Share
Penguatan Profesionalisme Pendidik Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Milenial

WAWASAN PROKLAMATOR,- Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HMMPS P-MAT) Gelar Seminar Nasional Kependidikan yang Bertemakan Penguatan Profesionalisme Pendidik Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Milenial. Berlangsung di Gedung Balairug Caraka Kampus Proklamator I, Sabtu (24/03/2018).

Hartiwi Ramanisa, Ketua Panitia mengatakan acara ini bertujuan agar peserta mampu menjadi pendidik yang profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan di era milenial. baik itu yang sudah menjadi seorang guru ataupun yang masih calon guru.

"untuk peserta seminar selain dari mahasiswa aktif P-MAT, juga dihadiri oleh alumni dari Bengkulu (Muko-Muko), Jambi, Riau, Sijunjung, Pariaman, dan Batu Sangkar. Dan untuk pemateri utama didatangkan dari malang yang juga merupakan dosen universitas malang yaitu bapak Dr.Subanji M.Si. serta pemateri dari universitas bung hatta sendiri oleh ibuk Syukma Netti M.Si" ungkap Hartiwi.

Pak Subanji, selaku pemateri dalam paparan menjelaskan bahwa ada beberapa tuntutan profesionalisme pendidik matematika dalam menghadapi tantangan di era milenial, yaitu : 1) Kompetensi yang dimiliki oleh guru adalah pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian; 2) perlu revitalisasi materi matematika agar sesuai dengan perkembangan; 3) peran pendidik perlu ada penyesuaian dari penyampai materi menjadi pembangkit belajar bagi peserta didik; 4) karakter menjadi hal penting untuk mempersiapkan siswa agar mampu menghadapi era milenial.

"salah satu faktor yang dapat mendukung kemampuan profesional guru adalah penguasaan guru tentang ilmu psikologi kognitif. Salah satu kajian dari ilmu kognitif adalah tentang bagaimana siswa belajar. Seorang guru tidak hanya memfasilitasi siswa untuk memiliki konsep defenisi sebaiknya sampai memiliki konsep image dengan mengaktifkan mental image yang positif." Jelas Sukma dalam presentasinya.

Basri Efendi S.Pd M.TPd, kepala SMAN 5 muko-muko, bengkulu juga alumni universitas bung hatta angkatan 90 bertanggapan acara ini sangat baik, banyak manfaat serta banyak yang bisa dilakukan nanti dilapangan seperti apa yang telah dijelaskan pemateri.

"semoga acara ini tetap terlaksana dengan baik setiap tahunnya dan lebih ditingkatkan karena acara ini sangat banyak manfaat terutama untuk calon seorang pendidik (guru)," jelas Basri.

 

FENNI WP

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar