Delegasi UKM WP Ikuti Diskusi Publik Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Di UNP

Rabu, 07 Februari 2018 | 08:55:06 WIB Share
Delegasi UKM WP Menghadiri Diskusi Publik Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Di UNP

WAWASAN PROKLAMATOR,- Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) Republik Indonesia  bekerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan diskusi publik keterbukaan informasi yang mengundang kalangan media lokal dan nasional, pers  kampus, dosen dan serta masyarakat umum. Kegiatan yang bertajuk  "Mengembangkan Permohonan Informasi Publik dan Sangketa Informasi Sebagai Bahan Materi Liputan" merupakan bagian dari komitmen komisi informasi dalam mendorong kemajuan media dan jurnalistik di tanah air bertempat di Ruang Sidang Senat Kampus Univeristas Negeri Padang, Air Tawar, kota Padang, rabu (7/2/2017).

Diskusi publik yang digelar bersamaan dengan rangkaian Hari Pers Nasional ( HPN) tahun 2018 di Provinsi Sumatera Barat ini bertujuan mengenalkan mekanisme keterbukaan informasi publik sebagai cara meningkatkan kualitas jurnalisme yang menghadiri narasumber, Arif A. Kuswardono (Komisioner KI Pusat), Metta Dharmasaputra (Co-Founder, Pemimpin Redaksi Kata Data, co.id) dan Prof Drs. Ganefri, Ph.D  (Rektor UNP), serta dipandu oleh wartawan kawakan Yurnaldi (saat ini sebagai Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat). Arif Adi Kuswardono, SH yang juga berlatarbelakang wartawan  televisi Trans7, membawa makalah dengan tema "Mengembangkan Mekanisme Permohonan Informasi dan Sangketa Informasi Publik Sebagai Bahan Liputan Berita" dalam makalah tersebut dijelaskan mekanisme permohonan informasi publik sebagai teknik/ keterampian liputan yang harus dikuasai seorang jurnalis agar menghasilkan berita yang dipercaya dengan tidak sekedar copy paste.

Dalam penyampaian materi Arif juga menyinggung kekurangan dari Komisi  Informasi Pusat Republik Indonesia, ia mengatakan resonansi di publik terbatas dan ia berharap kepada wartawan agar bisa memasukan angle keterbukaan dalam pemberitaan. Sedangkan Matta Dharmansaputra menekankan pembahasan pada sumber informasi yang digunakan dengan pokok bahasan "Jurnalis Berbasis Data" (Data Driven Journalism) yang kini menjadi trend dalam jurnalisme modern di dunia. Sementara Prof. Ganefri, Ph.D (Rektor UNP) tema yang dibahas mengenai "Kualitas Data Liputan Media Sebagai Sarana Informasi dan Edukasi". Rektor UNP  banyak menyorot kualitas berita berbasis data yang sangat relevan dan dibutuhkan masayarakat di era internet seperti sekarang.

HAYE WP

Wawasanproklamator.com 

jauh lebih dekat


Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar